Industri Perfilman Ketika New Normal

PinkKorset.com – Saat ini semua bisnis harus beradaptasi ke new normal. Bagaimana dengan dunia perfilman?

Sutradara Riri Riza mengatakan, dunia perfilman mengajarkan banyak orang untuk selalu adaptif dan selama pandemi ini adalah kesempatan untuk memperkaya diri dalam level yang berbeda.

“Menghadapi New Normal, industri film Indonesia berpotensi beralih platform selain sinema konvensional misalkan ke drive-in-cinema atau digital platform,” katanya dalam sebuah diskusi daring pada Rabu, (10/06/2020).

Riri menambahkan, Drive-in-cinema memang dapat menjadi alternatif hiburan menarik selama New Normal, namun sifatnya sebatas rekreasi sesekali dan secara bisnis juga belum akan maksimal.

Menurutnya, drive-in cinema tidak bisa menjangkau penikmat film secara luas karena yang bisa menikmati drive-in cinema hanyalah mereka yang mempunyai kendaraan roda empat.

Selain drive-in cinema, Riri menyebut bioskop gaya baru yang kemungkinan akan hadir adalah bioskop luar ruangan. Tentunya dengan menerapkan pembatasan jarak fisik antarpenontonnya.

“Bioskop mau bagaimanapun juga tidak akan mati atau tergantikan dengan platform digital. Terlebih bagi generasi seperti kami-kami ini yang tak terlalu terbiasa dengan gadget dan punya pengalaman atau kenangan tersendiri dengan bioskop,”katanya.

Di sisi lain, digital platform lebih menjanjikan dalam menjangkau penikmat film lebih luas, karena film-film Indonesia terbukti mampu berkompetisi dan memiliki hits cukup tinggi baik ketika masih di bioskop maupun ketika masuk ke digital.

“Tantangannya adalah bagaimana strategi para produser dalam berkreasi dan berproduksi untuk medium digital, sehingga animo penikmat film tetap tinggi,” papar Riri.

Apapun saluran distribusi yang digunakan semuanya dikembalikan lagi pada kreativitas seluruh insan perfilman. Oleh karena itu, dia meminta agar seluruh insan perfilman Indonesia tetap produktif dan mampu menelurkan karya-karya terbaiknya walaupun pandemi Covid-19 belum sepenuhnya usai.