Efek Positif Menonton Film

PinkKorset.com – Banyak yang mengaitkan film dengan dampak buruk perkembangan seseorang. Meskipun banyak pula nilai positif yang diperoleh dari menonton film.

Sinematografi sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Banyak yang melakukannya sekadar hobi untuk menghabiskan waktu luang, banyak pula yang menjadikannya sumber mata pencaharian. Film pun memberikan pengaruh yang besar bagi semua orang.

Banyak pakar berujar, menonton film tertentu dapat merusak kualitas hidup Anda. Namun sebaliknya, film juga bisa menginspirasi dan meningkatkan kualitas hidup. Ada pula film-film yang tidak memberikan efek apa-apa. Salah satu pengaruh film adalah perilaku sosial, seperti yang terlihat berikut ini.

Berkurangnya Tindakan Kekerasan

Banyak film menggambarkan efek-efek buruk dari hal-hal negatif seperti rumor yang tidak jelas kebenarannya, hubungan cinta yang tidak sehat, penindasan (bullying), kekerasan, pelecehan seksual, intrik dan lain-lain. Kadang, pembawaan seorang aktor dalam sebuah film yang menjiwai perannya untuk menghadapi hal-hal negatif tersebut dapat memberikan kesan yang mendalam.

Tak heran karakter-karakter dalam film bisa menjadi panutan, khususnya bagi penonton muda yang biasanya meniru perilaku dalam film. Film yang bagus dapat membantu orang muda membedakan hal baik dan buruk, memberi mereka bekal untuk berpikir secara mandiri dan mengambil keputusan yang tepat dalam hidupnya.

Misalnya, film tentang bunuh diri dan penindasan dapat membuat mereka sadar tentang konsekuensi berat dari tindakan-tindakan ini. Sama halnya seperti film yang membahas aspek-aspek negatif dari kekerasan, dapat memberikan efek yang positif dalam masyarakat.

Memahami Pentingnya Pendidikan

Film-film yang membahas tentang pentingnya pendidikan dapat membuat orang-orang muda mengerti betapa pentingnya pendidikan dalam hidup mereka. Kadang, muda-mudi memang lebih cenderung memperhatikan apa yang mereka lihat dalam film ketimbang perkataan orang tua, teman ataupun kerabat. Bisa dibilang bahwa para pembuat film mampu memberikan pengaruh besar terhadap jalan pikiran orang-orang yang menonton film, dan salah satunya adalah terhadap pandangan mereka terhadap pendidikan. Film yang menunjukkan pentingnya pendidikan dapat meningkatkan kesadaran terhadap hal ini di dalam masyarakat.

Stereotip Terhadap Cantik dan Tampan

Film-film yang bagus dapat mendorong pemuda dan pemudi untuk mulai memperhatikan penampilan fisik mereka. Pada akhirnya, mereka mulai serius berolahraga secara rutin maupun rajin mengonsumsi makanan sehat. Secara tidak langsung, film yang mereka tonton bisa memberi pengaruh positif terhadap kesehatan mereka sendiri. Sebaliknya, banyak juga film yang menyemangati orang untuk percaya dengan dirinya sendiri dan tidak melakukan body shaming terhadap orang lain.

Mendorong Untuk Berpikir Kritis

Film bisa menjadi salah satu metode untuk mengevaluasi kemampuan anak muda berpikir kritis. Guru bisa meminta muridnya untuk mengulas sebuah film. Murid bisa meningkatkan kemampuan dengan merangkum dan menganalisa film yang mereka tonton.

Sebagaimana layaknya sebuah karya seni, film menawarkan pelajaran yang berharga. Baik pelajaran hidup maupun pengetahuan umum, dan visualisasi mempermudah prosesnya. Para ahli berpendapat, film juga merupakan sumber hiburan yang ideal karena bisa menginspirasi seseorang secara cepat untuk mulai bertindak.

Menonton film juga merupakan aktivitas yang relatif lebih singkat daripada membaca buku, sehingga Anda bisa menghemat waktu. Jadi, jika ingin meningkatkan pemahaman terhadap perilaku sosial, buatlah daftar film-film bagus untuk dinikmati di waktu senggang.