Tidak Puas Belanja Online, Kembalikan Saja [zalora]

Tidak Puas Belanja Online, Kembalikan Saja

PinkKorset.com, Jakarta – Belanja online biasanya kurang menyenangkan karena barang tidak bisa dikembalikan bila tidak cocok.

Namun, kini kekhawatiran tersebut sudah ada solusinya.

Berkat kerjasama Zalora Indonesia dengan PT Pos Indonesia, konsumen yang kurang puas dengan barang yang dipesan via online, kini bisa melakukan pengembalian secara gratis di semua kantor Pos seluruh Indonesia.

Caranya, isi formulir Return Zalora di laman zalora.co.id/return. Kemudian, kemas produk dalam tas, kotak atau plastik Zalora dan tempelkan stiker return di bagian luar bungkus. Bawa produk yang ingin dikembalikan ke kantor pos.

Konsumen akan mendapat uang kembali atau produk pengganti setelah ada konfirmasi bahwa barang telah dikembalikan ke gudang Zalora dalam waktu maksimum tujuh hari kerja.

Managing Director Zalora Indonesia Anthony Fung mengatakan, layanan ini diberikan untuk meningkatkan kenyamanan pembeli dalam berbelanja online. Jangkauan kantor pos yang luas di Indonesia menjadi salah satu faktor yang mendorong kerjasama Zalora.

“Hal ini dilakukan sebagai upaya membentuk budaya belanja online yang mudah. Kami memberikan fasilitas secara menyeluruh, tidak hanya untuk proses pengiriman namun juga pengalaman setelah konsumen belanja adalah hal yang utama.”

Persentase pengembalian barang di Zalora Indonesia sebenarnya masih rendah, bahkan tidak mencapai 10%. Hal tersebut berbanding terbalik di negara dengan e-commerce sudah menjadi hal lumrah, misalnya Jerman yang mencapai 60%. “Ini adalah antisipasi kami atas perkembangan e-commerce di Indonesia yang berarti pengembalian barang juga kelak meningkat,” ujarnya.

Di Indonesia, baru satu persen transaksi ritel dilakukan secara online, sementara di Tiongkok telah mencapai 10,7%.

zalora,-pos

Sekretaris Perusahaan PT Pos Indonesia Amrizal mengemukakan proyek kerjasama dengan Zalora ini telah berjalan selama dua bulan. Pihaknya akan menambah jumlah kantor pos yang bisa bekerjasama agar semakin banyak konsumen khususnya di luar Jakarta yang dapat terlayani.

Seperti diketahui, 70% pesanan Zalora berasal dari luar Jakarta. Hingga kini ada lebih dari 2.900 outlet kantor pos Indonesia yang siap melayani fasilitas pengembalian barang ke gudang Zalora secara cuma-cuma.

“Dalam waktu dekat kami bisa naikkan totalnya jadi 4.000 karena kuncinya adalah online, sedangkan 90 persen kantor pos sudah online,” imbuh dia.