Tips Menjalin Pertemanan yang Baik [livesharesdaily]

Tips Menjalin Pertemanan yang Baik

PinkKorset.com – Memiliki banyak teman tentu akan membantu dalam kehidupan sosial yang lebih baik.

Lalu bagaimana menjalin dan menjaga pertemanan dengan baik?

Simak tips berikut:

Jadilah pribadi yang ramah

Ada rahasia dari sebuah persahabatan yang awet, yakni mencoba ‘menyukai’ ketimbang ‘disukai’. Berbaurlah seperti yang lain dan berikan pertemanan. Yakinlah semua akan kembali pada Anda pada waktunya. Pertemanan memiliki bentuk seperti bumerang. Nyalakan persahabatan dan mereka pun akan melakukannya untuk Anda.

Ingatlah nama

Orang akan lebih menghargai bila Anda memanggil dengan namanya. Selain menunjukkan tertarik kepadanya, cara ini cukup ampuh membangun persahabatan.

Pendengar yang baik

Jadilah pendengar yang baik. Bukan hanya menimpali saat terjadi perbincangan. Dengarkan dengan telinga dan juga mata Anda. Ajukan pertanyaan yang menunjukkan bahwa Anda tertarik dengan ceritanya. Jangan pula Anda tertidur ketika mendengarkannya.

Jujur

Dalam persahabatan, bersikap jujur dan mengatakan yang sebenarnya merupakan hal penting. Kebohongan akan menimbulkan masalah yang tidak perlu. Cepat atau lambat hal tersebut akan terungkap dan merusak persahabatan.

Pilihlah kata-kata yang baik

Merendahkan atau menyebut nama kecil seseorang bisa jadi sesuatu yang lucu. Namun hal itu lebih mengarah ke ego dan ego bukanlah humor. Sebaliknya, berikan beberapa pujian. Tidak ada yang menolak pujian yang tulus. Sama halnya cinta yang lebih menuntut tindakan, bukan perasaan.

Mampu menyimpan rahasia

Ketika teman memberitahu sebuah rahasia, berarti mereka memercayai dan menghormati Anda. Coba jaga kepercayaan itu dengan baik. Rahasia hanya pantas dibocorkan bila mengancam Anda atau orang  lain. Bila ini terjadi, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah memberitahu atau minta bantuan orang dewasa lain.

Rayakan momen spesial

Tidak hanya ulang tahun, natal, valentine atau hari jadi pernikahan. Bila itu hari penting bagi teman Anda, luangkan waktu untuk merayakannya. Bisa saja Anda membelikannya kue atau menraktir makan siang.

Menghormati kebebasan orang lain

Orang tidak suka dimanipulasi, terkekang atau merasa ’disandera’. Biarkan teman Anda menikmati waktu sendiri atau bersama teman lainnya. Ada kalanya mereka ingin kebebasan ini, begitu pula dengan Anda, bukan?

Jadilah diri sendiri

Alih-alih memberi kesan baik, banyak orang kadang justru menjadi orang lain. Biarkan orang lain mengenal Anda yang sebenarnya. Mereka jauh lebih menyukai bila Anda terbuka dan jujur.

Seni pengungkapan diri

Anda punya beberapa lembaran diri. Ada beberapa hal yang bisa diketahui orang lain dan tidak perlu diketahui. Beberapa hal yang bisa diketahui orang lain adalah selera musik, hobi, olahraga dan lainnya. Namun, Anda juga memiliki lapisan yang lebih dalam, seperti perasaan, kepercayaan, kekhawatiran Anda, serta hal-hal pribadi lain yang tidak ingin Anda ungkapkan ke orang lain.

Orang yang pandai bergaul adalah pribadi yang pandai mengatur lembaran dirinya. Ada beberapa orang yang dengan mudah membiarkan orang lain ‘masuk’ terlalu cepat. Cerita yang terlalu personal ini bisa memalukan bahkan menakutkan bagi teman-teman baru Anda. Masalah pribadi hanya pantas dibicarakan dengan seseorang yang Anda percaya.