Trik Mudah Ingat Nama Orang [genius]

Trik Mudah Ingat Nama Orang

PinkKorset.com – Kesulitan mengingat nama seseorang memang mempengaruh kegiatan bersosialisasi Anda.

Kendati pernah diperkenalkan, Anda tetap sulit mengingat nama seseorang saat bertemu. Secara tidak langsung, hal tersebut pun menganggu komunikasi.

Namun, ada trik mudah mengingat nama orang.

Menurut studi yang dipublikasikan pada jurnal Consciousness and Cognition, pengulangan adalah kunci utama agar informasi seseorang menempel di ingatan Anda. Meski menyebut nama orang berulang kali, bukan cara yang mudah untuk mengingat nama orang.

Victor Boucher, profesor di Departemen Linguistik dan Alih Bahasa, Universitas Montreal mengatakan, menyebut sesuatu dengan keras dan berulang bagus untuk ingatan.

”Namun, jika hal tersebut terjadi pada konteks komunikasi, efeknya justru lebih besar ketika jika Anda me-recall informasi,” katanya.

Recall mengacu pada tindakan mengambil atau mengakses kembali memori yang sudah tersimpan di otak.

Untuk melakukan studi ini, para peneliti meminta 44 siswa berbahasa Perancis untuk membaca serangkaian kata-kata di layar sambil mengenakan headphone pemancar bunyi. Sehingga, mereka tidak bisa mendengar suara mereka sendiri maupun suara dari luar.

Para partisipan ini melakukan empat aksi berbeda ketika membaca kata-kata. Ada yang mengulang kata-kata itu di kepalanya, mengulang dalam diam sambil menggerakan bibirnya, mengulang keras sambil menatap layar dan mengulang kata-kata dengan keras kepada orang lain.

Murid-murid itu kemudian membaca daftar kata dan diminta mengidentifikasi kata-kata yang mereka ingat dari layar tersebut. Partisipan yang mengulang kata-kata kepada orang lain, secara signifikan mengingat lebih banyak kata dibanding mereka yang tidak.

Victor Boucher mengatakan, mengulang kata tanpa bersuara pada dasarnya membangun sensorimotor link (pesan yang berasal dari salah satu indra dan diproses oleh otak) yang meningkatkan kemampuan Anda untuk mengingat. Namun, jika dilakukan sambil berbicara, kita akan mengingat lebih banyak,”ujarnya.

Cara ilmiah lain untuk mengingat nama orang lain adalah dengan menyebut nama Anda dulu di depan orang tersebut.

Selain itu, Anda bisa memintanya menceritakan tentang dirinya. Adanya kesempatan bagi orang tersebut untuk bicara, membuat otak mampu mengenali suara dan membantu memunculkan namanya di kemudian hari.