Waspada Suara Bising di Tempat Kerja [womenshealthency]

Waspada Suara Bising di Tempat Kerja

PinkKorset.com – Berhati-hatilah bila Anda bekerja di lingkungan yang sangat bising atau memiliki hobi yang melibatkan suara keras.

Mengapa?

Sebuah penelitian teranyar menyebutkan, ada hubungan antara gangguan pendengaran frekuensi tinggi (high frequency hearing loss), yang biasanya dipicu terpaan kebisingan kronis, dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Gangguan pendengaran frekuensi tinggi adalah jenis yang paling umum dari gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kerusakan kebisingan dan atau penuaan.

Pada kondisi ini, suara yang diperlukan untuk memahami percakapan makin tidak jelas. Konsonan dengan frekuensi tinggi tidak lagi terdengar dan membuat makin sulit membedakan satu suara dengan suara yang lain.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Occupational and Environmental Medicine ini menggunakan data 5223 peserta yang dikumpulkan dalam survei kesehatan nasional antara tahun 1999 dan 2004. Usia peserta berkisar antara 20-69 tahun.

Mereka menemukan bahwa orang yang mengalami gangguan pendengaran frekuensi tinggi di kedua telinga, memiliki risiko dua kali lebih besar untuk penyakit jantung koroner dibandingkan mereka yang mengalami gangguan pendengaran frekuensi tinggi yang normal.

Untuk responden berusia 50 tahun ke bawah, yang diperkirakan masih bekerja dan terpapar suara bising di tempat kerja, risiko penyakit jantung meningkat empat kali lipat.

Sementara itu, tidak ada hubungan antara penyakit jantung terhadap orang yang memiliki gangguan pendengaran pada satu telinga atau yang memiliki gangguan pendengaran frekuensi rendah.

Ini menunjukkan bahwa terpaan suara bising merupakan pemicu yang sangat mempengaruhi pendengaran.

Studi ini hanya mempelajari partisipan pada suatu waktu dan tidak bisa membuktikan bahwa suara atau gangguan pendengaran adalah penyebab langsung penyakit jantung. Para peneliti juga mengakui bahwa mereka mengandalkan ingatan peserta studi tentang terpaan kebisingan di tempat kerja dan lingkungan lain.

Orang-orang yang bekerja di lingkungan bising harus mengurangi eksposur mereka terhadap tingkat kebisingan berlebih. Baik dengan menurunkan tingkat kebisingan atau menggunakan pelindung telinga.