Yuk, Peduli Kesehatan Gigi dan Mulut [google]

Yuk, Peduli Kesehatan Gigi dan Mulut

PinkKorset.com, Jakarta – Listerine dan PDGI ajak konsumen lebih peduli kesehatan gigi dan mulut, satu hal yang seringkali diabaikan masyarakat Indonesia.

Fakta cukup mengejutkan dilansir Listerine setelah melakukan sebuah studi.

Survei yang melibatkan 947 reponden yang berdomisili di beberapa kota besar di Indonesia menyimpulkan 89% responden mengetahui beberapa jenis makanan dan minuman berdampak buruk terhadap kesehatan gigi dan mulut.

Namun sebagian besar belum memiliki kebiasaan rutin gigi dan mulut yang tepat.

Beberapa makanan dan minuman yang sering dikonsumsi responden satu bulan terakhir adalah kerupuk (80%), teh (78%), cokelat (61%), es krim (51%), minuman ringan (35%), kopi (48%), permen/manisan (44%) dan makanan/minuman mengandung asam tinggi (±30%).

“Kebiasaan mengonsumsi makanan/minuman mengandung banyak gula, kafein, bertekstur keras atau ekstrim panas dan dingin secara rutin tanpa perawatan yang baik dapat menimbulkan gigi berlubang, karies, plak dan perubahan warna gigi (stained teeth),” ungkap Prof.Dr.drg. Melanie Sadono Djamil, MBiomed, Ketua Divisi Pendidikan dan Litbang PB Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), saat acara Listerine Multi Protect Media Launch di Jakarta baru-baru ini.

Ia menambahkan, masalah gigi ini dapat memicu kelainan organ vital seperti jantung, ginjal, hati dan paru.

Hasil studi juga menyebutkan, mayoritas responden hanya menyikat dua kali sehari sebagai perawatan oral. Sedangkan hanya 46% responden yang memiliki kebiasaan rutin kumur dengan mouthwash, dan hanya 42% yang sudah rutin ke dokter gigi secara berkala.

Sebagai konseskuensinya, menurut laporan Riset Kesehatan dasar DinKes RI 2007, 7 dari 10 orang Indonesia menderita gigi berlubang.

Olavina Harahap, Senior Brand Manager, PT Johnson & Johnson mengatakan, “Mereka tahu makanan berdampak pada kesehatan gigi, tahu sikat gigi dua kali per hari tapi kurang tahu pakai mouthwash, apalagi ke dokter gigi. Sayangnya kebiasaan ini tidak dilakukan.”

Listerine dan PDGI menandatangani nota kesepahaman pada saat yang sama. Berbagai aktivitas edukasi kesehatan gigi dan mulut di beberapa universitas di Indonesia akan dijalankan Listerine bersama PDGI.