Zumba Lebih Efektif Bakar Lemak [healthflick]

Zumba Lebih Efektif Bakar Lemak

PinkKorset.com, Bekasi – Zumba memiliki gerakan dasar aerobik. Namun, tarian latin ini diklaim lebih efektif membakar lemak.

Sudah pernah mengikuti tarian Zumba?

Gerakan zumba memang terkesan santai, meski tidak dilakukan secara asal. Olahraga yang didominasi gerakan naik turun ini memadukan 70% dansa dan 30% fitness.

Instruktur Zumba Jun Ko Agus mengatakan, Zumba adalah salah satu jenis olah raga berupa tarian latin yang memiliki gerakan dasar aerobik (latin aerobic dance). Namun, Zumba lebih fun karena mengandung komposisi musik latin 70% dan musik internasional 30%.

“Lagu pengiringnya bervariasi sehingga lebih menyenangkan. Ada latin, reggae, salsa, belly dance, flamenco, saco, lagunya enggak monoton,” katanya kepada PinkKorset.com.

 

jun-ko-agus2Menurut pencetus Zumba di Indonesia yang mendapat sertifikat internasional dari Zumba Fitnees International Company, olahraga yang satu ini lebih banyak membakar lemak ketimbang aerobik.

Bahkan saking asiknya ber-zumba, tidak terasa sudah banyak membakar lemak. Gerakan Zumba yang cepat dan menggunakan banyak energi membuat seluruh tubuh bergoyang, sehingga dapat membakar banyak kalori “Sangat menyenangkan, satu jam enggak terasa sudah berolah raga dan membakar 800-1000 kalori,” ucapnya.

Jun Ko mengibaratkan zumba seperti konsumsi bahan bakar mobil. “Misal saat bawa mobil yang jalan lalu sesaat berhenti, jalan kembali dan seterusnya itu pembuangan bensinnya lebih banyak. Sama seperti Zumba, makannya lebih capek. Zumba menggerakan seluruh tubuh juga,” katanya.

Tidak hanya itu. Gerakan dalam Zumba terfokus pada pinggul, pinggang dan kaki, sehingga bagus untuk pembentukan postur dan lekukan tubuh. Dan akhirnya, postur dan lekukan tubuh yang baik akan membuat kita lebih percaya diri.

Program zumba sudah dapat ditemukan di 125 negara.  Lebih dari 12 juta orang dengan berbagai bentuk tubuh dan usia telah merasakan manfaat zumba. Termasuk penyanyi lulusan American Idol, Jordin Sparks, yang hanya dalam tiga bulan berhasil menurunkan berat badannya hingga 13 kg. Dari ukuran baju 14, kini ia makin percaya diri dengan ukuran baju 8.

Untuk hasil maksimal, Jun Ko menyarankan untuk melakukan zumba 4-5 kali per minggu. “Jika rutin dilakukan, berat badan akan mudah turun,” ungkapnya. Namun, jika hanya untuk menjaga stamina tubuh, 2-3 kali per minggu sudah cukup.