Cara Memilih Buah yang Tepat [PinkKorset]

Cara Memilih Buah yang Tepat

PinkKorset.com, Jakarta – Buah wajib dikonsumsi setiap hari untuk pemenuhan nutrisi. Lalu, bagaimana cara memilih buah yang tepat?

Menurut Departemen Kesehatan, konsumsi buah di Indonesia sangatlah rendah. Idealnya, asupan buah yang dikonsumsi dalam sehari adalah 400gram, namun rata-rata orang Indonesia hanya mengkonsumsi sekitar 100gram setiap harinya.

Padahal, seperti diketahui, serat sangatlah penting untuk kesehatan. Buah mengandung vitamin dan mineral yang berfungsi melancarkan proses metabolisme tubuh. Tak hanya itu, rutin mengkonsumsi sayur dan buah juga dapat mematikan sel kanker.

Ahli nutrisi Jansen Ongko membagikan tips memilih buah yang ingin dimakan. Selain memperhatikan dimana buah tersebut ditanam, perhatikan juga warna buah juga. Kalau tidak memiliki pengetahuan akan nutrisi dari setiap jenis buah, cara yang paling mudah adalah memilih warnanya.

“Dalam sehari, sebaiknya mengonsumsi 3-4 warna buah yang berbeda, karena setiap warna memiliki manfaat gizi serta nutrisi yang berbeda-beda dan semua penting untuk tubuh,”ujarnya di Jakarta, baru-baru ini.

Jensen menganjurkan untuk memilih buah yang berkualitas, karena di dalamnya terdapat vitamin dan mineral dengan jumlah berkali-kali lipat dari biasanya.

Menurutnya, buah-buahan yang belum matang secara sempurna, vitamin, mineral dan karbohidratnya-pun belum sepenuhnya terbentuk.

Buah-buahan impor dengan masa shipping yang lama, juga memiliki tambahan pengawet di dalamnya. Pestisida dan pengawet bisa diatasi dengan memastikan selalu mencuci dan menggosok kulit buah-buahan sebelum dimakan.