Dua Pertanyaan Wajib Saat Marshanda Panik [instagram]

Dua Pertanyaan Wajib Saat Marshanda Panik

PinkKorset.com, Jakarta – Marshanda yang memiliki gangguan bipolar kerap diserang rasa panik. Namun, dua pertanyaan ini bisa meredakannya.

Selebritas bernama lengkap Andriani Marshanda atau dikenal Caca mengaku mengidap bipolar tipe 2 sejak didiagnosa dokter ahli jiwa sejak 7 tahun silam.

Gangguan bipolar ini menyebabkan Caca mengalami serangan panik (panic attack).

Namun, kini Caca mampu mengenali dan mengendalikan panic attack. Caranya adalah dengan menghafalkan berapa tingkat rasa panik yang ia rasakan.

Ketika mengalami panic attack, Caca meminta sang ibu, Riyanti Sofyan, untuk menanyakan dua hal kepadanya.

“Kalau aku tiba-tiba marah, aku minta mama tanya ke aku. Caca ini panic attack atau bukan. Apakah bete ini normal (dipicu orang lain) atau tanpa sebab,” katanya.

Setelah meminta ibunya menanyakan status panic attack, ia meminta sang ibu menilai tingkatan serangan panik tersebut.  “Pertanyaan kedua, minta mama tanyakan ke aku. Apakah panic attack level mild atau habis-habisan (skor 1-10),” katanya lagi.

Menurutnya cara ini ampuh menilai dan mengendalikan panic attack yang muncul pada dirinya.

Selanjutnya, ibu satu anak ini pun mengaku berserah diri menerima kondisi ini. “Setelah itu, aku nangis aja. Aku terima rasa enggak nyaman ini. Kita harus oke dalam kondisi enggak oke karena hidup banyak perubahan,” ujarnya.

Gangguan yang diidap selebritas cantik berdarah Minang ini menimbulkan beberapa kejadian heboh yang mencuri perhatian masyarakat.

Pada 2009 publik dikejutkan dengan video caci maki Caca kepada teman SD melalui Youtube. Selang lima tahun berikutnya terjadi kisruh Caca dengan ibunda, Riyanti Sofyan karena pemasungan Caca di rumah sakit. Lalu puncaknya yakni perceraian dengan Ben Kasyafani pada 2014.