Duduk Lama Berisiko Kena Diabetes [fitnistics]

Duduk Lama Berisiko Kena Diabetes

PinkKorset.com – Menghabiskan banyak waktu posisi duduk berpotensi terkena diabetes. Apalagi, jika Anda tidak aktif bergerak dan mengalami obesitas.

Hal ini terungkap dalam sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti asal Denmark baru-baru ini. Orang yang duduk saat bekerja lebih dari 10 jam per hari memiliki risiko 35% terkena diabetes dibandingkan mereka yang duduk kurang dari enam jam per hari.

Menurut Dr. Janne Tolstrup dari University of Southern Denmark yang penulis senior dari studi ini, jika Anda memiliki berat badan normal dan mustahil mengindari bekerja dengan posisi duduk yang sangat lama, sebaiknya lebih aktif berolahraga.

“Hal ini bisa mengurangi diabetes,” katanya.

Tolstrup dan rekannya menganalisa data lebih dari 72 ribu orang yang menghabiskan sebagian besar waktunya duduk dalam waktu lama sepanjang 2007 dan 2008.

Para peneliti kemudian mengevaluasi kesehatan orang-orang tersebut lima tahun sesudahnya untuk mengetahui apakah ada yang mengidap diabetes.

Setengah dari peserta penelitian melaporkan duduk selama setidaknya 6,3 jam sehari, menurut hasil dalam British Journal of Sports Medicine.

Orang-orang yang dilaporkan duduk selama 10 jam atau lebih kemungkinan besar lebih muda, memiliki pendidikan yang lebih, tidak aktif secara fisik, merokok, minum alkohol dan kelebihan berat badan.

Selama masa penelitian, 1.790 orang dewasa menderita diabetes. Dibandingkan mereka yang duduk kurang dari enam jam sehari, orang menghabiskan 6-10 jam duduk 15% lebih mungkin terkena diabetes.

Ini tandanya, risiko meningkat seiring jumlah jam yang dihabiskan posisi duduk.