Ada Sesuatu Dalam Kegelapan

PinkKorset.com – Mengeksploitasi rasa takut akan kegelapan bukanlah hal baru. Namun film Lights Out sukses mengubahnya jadi sebuah kekuatan.

Kekuatan tersebut dipadu akting menawan para pemerannya membuat penonton terkaget-kaget pada lima menit pertama. Meski ini debut sutradara David F. Sandberg yang diangkat dari film pendeknya sendiri pada 2013, sineas pakar horor seperti James Wan (The Conjuring, Insidious) tertarik memproduserinya.

Cerita bermula saat Paul (Billy Burke) dihantui sosok aneh dalam kegelapan di sebuah pabrik pakaian. Sosok itu hilang ketika ada cahaya dan Paul tewas karena sosok ini. Anak-anak Paul, Rebecca (Teresa Palmer) dan Martin (Gabriel Bateman) mengalami hal serupa sejak kecil.

Rebecca yang tinggal sendiri di sebuah apartemen tak lagi dihantui. Sementara Martin tinggal bersama ibu mereka, Sophie (Maria Bello). Martin mengalami banyak hal-hal menyeramkan yang membuatnya tak bisa tidur dan memilih tinggal di apartemen Rebecca.

Rebecca pun menelurusi masa lalu Sophie, karena hal-hal seram tampaknya terjadi di dekat ibunya. Banyak hal mengejutkan Rebecca dan ia menyadari apapun sosok itu, kini mengincar mereka semua.

Plot Lights Out amat sederhana. Beberapa menit pertama memang amat menjanjikan untuk Anda penggemar film seram seperti The Conjuring. Namun ada banyak ‘lubang’ pada plot (plot hole) yang membuat alur cerita berkesan tidak rapi. Solusi untuk mengakhiri masalah pun terbilang sangat jalan pintas.

Memang, ada ‘aura’ ala The Conjuring meski memang diakui ada masalah pada latar belakang suara. Namun mereka cukup menutupinya dengan penggunaan low light dan menciptakan suasana seram mencekam sepanjang film.

Di genre horor supernatural, Lights Out termasuk berhasil berdiri diantara gempuran film-film bergenre sama namun lemah di konsep dan eksekusi. Sandberg pun kini tengah menyiapkan sekuel film horor Annabelle. Anda penikmat film horor akan terhibur. Selamat menyaksikan!

Lights Out

Sutradara: David F. Sandberg

Produser: James Wan, Lawrence Grey, Eric Heisserer

Skenario: Eric Heisserer berdasarkan film pendek Lights Out oleh David F. Sandberg

Pemeran: Teresa Palmer, Gabriel Bateman, Maria Bello, Billy Burke

Produksi: New Line Cinema, Atomic Monster, Grey Matter Production, RatPac Entertainment

Distribusi: Warner Bros.