Kemunculan Hantu yang Sesungguhnya [EW]

Kemunculan Hantu yang Sesungguhnya

PinkKorset.com, Jakarta – Sebuah praktik ramal tipuan berbuah teror setelah memainkan papan pemanggil roh, Ouija. Siapa yang mereka panggil?

Pada era 1960-an, sebuah keluarga tanpa ayah berusaha menyambung hidup dengan menjalankan praktik penipuan berkedok ramal di kediaman mereka. Alice Zander (Elizabeth Reaser) sebagai ibu sekaligus tulang punggung keluarga menjalankan praktik ini bersama kedua anaknya yang masih bersekolah, Paulina ‘Lina’ Zander (Annalise Basso) dan Doris Zander (Lulu Wilson).

Alice bertugas sebagai peramal dan kedua anaknya membuat efek yang membuat suasana seolah nyata. Suatu ketika, Alice membeli papan pemanggil roh, Ouija, yang saat itu sedang populer. Tanpa disadari, Alice melanggar peraturan permainan Ouija dengan memanggil arwah suaminya. Tak lama, Doris si putri bungsu jadi sasaran roh misterius.

Sejak saat itu Doris menjadi peramal jitu. Tetapi sikapnya berubah menjadi pendiam dan pemarah. Walaupun usaha ramalnya sukses, Alice dan Lina bingung dan takut. Ketakutan mereka semakin memuncak ketika berbagai teror mencekam terjadi di rumah ini.

Apa yang sedang terjadi di keluarga ini? Roh apa yang meneror mereka?

Ouija: Origin of Evil merupakan prekuel dari film sebelumnya, Ouija (2014) yang menjelaskan latar belakang terjadinya masalah seputar alat tersebut. Tak seperti film horor lain yang berlimpah scoring menyeramkan dan pencahayaan minim dengan atmosfer dingin dan hijau, film ini justru didominasi suasana hangat dan kuning lengkap dengan suasana era 1960-an.

Kendati cenderung minim unsur menyeramkan, penampakan hantu cukup mengagetkan. Unsur horor juga disisipkan pada dialog yang membangkitkan suasana mencekam. Pada bagian awal, Anda cukup kerepotan mencerna alur cerita. Terlebih beberapa bagian kisah yang kurang dijelaskan.

Kadang terasa membosankan ketika film horor tidak terlepas dari unsur-unsur klasik ‘tipikal’ yang banyak ditampilkan seperti rumah berhantu, keluarga tanpa ayah, ruang bawah tanah dan anak perempuan kerasukan. Namun, alur kisah tetap orisinal dengan mengikuti tema film.

Ouija: Origin of Evil

Sutradara: Mike Flanagan

Produser: Michael Bay, Bradley Fuller, Andrew Form, Jason Blum, Brian Goldner, Stephen Davis, Trevor Macy

Skenario: Mike Flanagan, Jeff Howard

Pemain: Elizabeth Reaser, Annalise Basso, Lulu Wilson, Henry Thomas, Parker Mack, Doug Jones

Produksi: Allspark Pictures, Blumhouse Productions, Hasbro Studios, Platinum Dunes, Intrepid Pictures

Distribusi: Universal Pictures