Google Doodle Hari Ini Tampilkan Paskibraka [PinkKorset]

Google Doodle Hari Ini Tampilkan Paskibraka

PinkKorset.com – Google Doodle hari ini turut memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-71.

Sudah menjadi kebiasaan Google untuk mengubah tampilannya sesuai peringatan atau event tertentu di setiap negara yang mendukung layanan Google.

Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia kali ini, Google Doodle menampilkan tiga orang anggota Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka), dengan dua pemuda mengapit seorang putri yang membawa baki bendera pusaka.

Paskibraka adalah pasukan pengibar bendera pusaka yang anggotanya melakukan tugas pengibaran dan/atau penurunan bendera duplikat pusaka merah putih di tingkat kota, provinsi, dan nasional.

Pada Senin, 15 Agustus kemarin, sebanyak 67 anggota Paskibraka Nasional 2016 dari 34 provinsi di Indonesia, telah dikukuhkan Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Berdasarkan kebiasaan Paskibraka Nasional, pembawa baki bendera pusaka baru ditentukan pada 17 Agustus pagi.

Sebenarnya jumlah anggota Paskibraka Nasional 2016 itu 68 orang, namun Paskibraka asal Jawa Barat Gloria Natapradja Hamel dicoret karena memiliki paspor Prancis.

Gagasan Paskibraka lahir pada 1946, untuk memeringati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang pertama di ibukota Indonesia yang saat itu dipindahkan ke Yogyakarta.

Istilah yang digunakan dari 1967 sampai 1972 adalah Pasukan Pengerek Bendera Pusaka. Baru pada  1973, tercetus nama untuk Pengibar Bendera Pusaka dengan sebutan Paskibraka.