Jelajah Sajian Kaki Lima Vietnam [PinkKorset]

Jelajah Sajian Kaki Lima Vietnam

PinkKorset.com, Jakarta – Anda bisa menikmati sensasi kuliner tradisional kaki lima khas Vietnam dalam nuansa modern di sebuah restoran di Jakarta.

Vietnam dikenal dengan sajian sederhana dengan bahan-bahan segar dan sering dijajakan di pinggir jalan. Sebut saja mi tepung beras khas Vietnam (Pho) yang terendam kaldu bening daging, roti lapis ala Vietnam (Banh Mi), Kopi Vietnam dan lainnya.

Anda tidak perlu bersusah payah pergi ke Vietnam untuk mencoba aneka sajian klasik tersebut. Terutama karena di Jakarta mulai merebak restoran Vietnam, salah satunya NamNam Noodle Bar.

Restoran Vietnam ini menyuguhkan sajian tradisional kaki lima khas Vietnam dalam nuansa modern.

Founder and Managing Director PT Annam (NamNam Noodle Bar) Nam Q Nguyen menjelaskan, perbedaan restoran Vietnam lainnya adalah quick service dan tanpa menggunakan MSG.

“Dalam lima menit hidangan tersaji. Kami juga tidak menggunakan pork dan lemak babi (lard) khusus di Indonesia,” ucapnya kepada PinkKorset.com saat media gathering di Jakarta, Senin (17/10/2016).

Rice Paper Rolls

Salah satu sajian pembuka khas Vietnam yang perlu Anda coba yakni Rice Paper Rools (gỏi cuốn) sejenis salad yang digulung dengan lembaran tipis seperti kertas yang terbuat dari tepung beras (bánh tráng). Isi sajian ini antara lain udang rebus, telur dadar, bihun Vietnam, fish cake dan sayuran aromatik (fresh herbs)  seperti kemangi Thailand serta daun ketumbar. Rice Paper Rools dihidangkan dengan saus celup berbahan dasar saus hoisin (tương xào) dan kacang tanah sangrai. Rasanya manis, gurih dan segar aromatik.

Jelajah Sajian Kaki Lima Vietnam

Banh Mi

Kendati mengandung nama mi tetapi hidangan ini jauh dari unsur mi. Banh mi tidak lain adalah roti lapis khas Vietnam yang menggunakan roti baguette.

Ya. hidangan ini memang adaptasi dari roti khas Perancis (baguette). Hanya saja, roti baguette ala Vietnam jauh lebih lembut. Isian roti pun beragam, seperti daging, ayam, telur dadar, ikan, acar dan tidak ketinggalan daun ketumbar yang beraroma khas. Sensasi empuk, renyah, gurih, asam dan segar aromatik ‘menghiasi’ lidah dan mulut.

Sajian ini telah lama populer di Vietnam seiring dengan masa penjajahan Perancis yang memakan waktu lebih dari 300 tahun.

Jelajah Sajian Kaki Lima Vietnam

Pho

Mi tepung beras berkuah kaldu ini sangat terkenal di seluruh penjuru Vietnam. Hidangan ini berisi mi tepung beras Vietnam, kaldu (daging, ayam maupun sayuran), daging, ayam, sayuran serta herbs (daun bawang, daun ketumbar, serai).

Vietnam memiliki mi tepung beras menyerupai kwetiau. Tetapi mi ini berbeda kendati warnanya sama-sama putih. Mi ini tidak terlalu kenyal maupun terlalu lunak ketimbang kwetiau.

Kuah Pho terlihat bening dengan aroma herbs dan rempah yang begitu menonjol. Umumnya sajian ini menggunakan bumbu jahe, pekak, daun ketumbar, kayumanis, cengkih dan jeruk nipis kecil (calamansi).

Anda dapat menyantap sajian ini dengan menambah beberapa saus seperti saus ikan (penambah gurih), saus cabai Vietnam dan sambal.

Di restoran ini Anda akan disuguhkan beragam variasi menu Pho diantaranya Pho Australian Wagyu Beef Steak Slices, Pho Australian Oxtail & Beef Balls, Pho Vegetarian dan Chicken Bamboo Shoot Egg Noodle & Mushroom.

Jelajah Sajian Kaki Lima Vietnam

Iced Soda Tamarind Drink

Bilas lidah dan segarkan tenggorokan Anda dengan Ice Soda Tamarind Drink. Ini bukan minuman asam Jawa biasa. Pasalnya minuman manis nan asam ini berisi kacang tanah da wijen sangrai yang memberikan sensasi nutty dan sedikit gurih. Anda tidak hanya meneguk tetapi juga merasakan sensasi mengunyah kacang yang nikmat. Segar dan unik!

Ada pula kopi ala Vietnam seperti Black Coffee dan Coffee with Condensed Milk yang tersaji panas maupun dingin. Seluruh minuman kopi dibuat dari 100% biji kopi robusta Vietnam.

Jelajah Sajian Kaki Lima Vietnam

Sembari menyantap makanan dan meneguk minuman, Anda disuguhkan atmosfer warung kaki lima ala Vietnam. Suasana tersebut terlihat dari dekorasi tradisional seperti bilik bambu, etalase kayu tempo dulu, meja dan kursi kayu, meja bar serta jejeran gelas kaleng. Video perjalanan wisata kuliner kaki lima dan musik tradisional Vietnam juga memberikan gambaran suasana di bekas negara komunis ini.

Seluruh sensasi lezat, segar dan unik makanan maupun minuman Vietnam di NamNam Noodle Bar dapat Anda nikmati dengan harga berkisar Rp20 ribu – Rp160 ribu.

NamNam Noodle Bar pertama kali didirikan di Singapura sejak 15 Oktober 2012. Kemudian mulai hadir perdana di Indonesia pada Januari 2015 di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara dan merambah di tempat lain seperti Plaza Indonesia, Gandaria City dan Senayan City.

Jelajah Sajian Kaki Lima Vietnam