Kamidia Radisti Ajarkan Lagu Indonesia Raya [IG]

Kamidia Radisti Ajarkan Lagu Indonesia Raya

PinkKorset.com, Jakarta – Kamidia Radisti mengenalkan nilai cinta Tanah Air kepada anak sejak dini. Salah satunya melalui lagu Indonesia Raya.

Miss Indonesia 2007 ini menuturkan, pada era informasi tanpa batas, gempuran budaya asing semakin tak terbendung. Bukan tidak mungkin jati diri bangsa pada generasi muda semakin luntur.

Ini sebabnya membangun nasionalisme pada anak sangat penting, “Karena mereka anak Indonesia. Sesukses apapun merek di luar negeri tetap mengalir darah dan kultur Indonesia,” ujarnya kepada PinkKorset.com di Jakarta.

Salah satu langkah sederhana yang ia lakukan adalah mengajarkan lagu Indonesia Raya kepada ketiga anaknya. Lagu kebangsaan ini juga sering diperdengarkan saat Disti dan suami, Angga, menonton pertandingan bola nasional.

Anak-anak, lanjutnya,  juga dapat belajar mengenai nasionalisme melalui beberapa perayaan hari besar nasional, seperti parade pakaian adat pada Hari RA Kartini dan HUT RI.

Ia pun sudah memperkenalkan konsep kepahlawanan,  karena kediamannya kebetulan cukup dekat dengan Taman Makam Pahlawan. “Anak suka tanya mengapa ada makam ini. Saya ceritakan bahwa pahlawan itu spesial,” ujar perempuan kelahiran Jakarta, 23 Februari 1984.

Disti membiasakan kegiatan ini, tanpa menuntut anak dapat langsung mengerti tujuan luhur di balik nilai-nilai nasionalisme. “Kita ajarkan dan ajak anak secara langsung tanpa paksakan kalau ini penting,” katanya.

Saat ini kedua anaknya masih mengenyam pendidikan Taman Kanak-Kanak dan Playgroup. Sementara anak bungsu berusia 1,5 tahun. Untuk terus menanamkan nilai nasionalisme, Disti menginginkan ketiga anaknya bersekolah di sekolah negeri.

Namun,  ketatnya persaingan di kancah global, ia pun berencana melibatkan anak dalam ekstrakurikuler, balet, gymnastic berbasis internasional, “Minimal anak memiliki pola pikir internasional untuk mempersiapkan mentalnya,” pungkasnya.