Osteoporosis? Lindungi 3 Area Tulang Ini [Prevention]

Osteoporosis? Lindungi 3 Area Tulang Ini

PinkKorset.com, Jakarta – Ada tiga area tulang yang sebaiknya dilindungi oleh para penderita osteoporosis.

Semakin tua manusia, maka kepadatan tulang ikut berkurang. Kondisi ini disebut osteoporosis atau pengeroposan massa tulang.

Anda yang mengalami masalah ini pun sebaiknya mulai melindungi area tulang tertentu dalam tubuh, karena mudah patah.

“Patah tulang paling sering terjadi pada tulang lengan bawah, tulang panggul dan tulang belakang, “ ucap Spesialis Orthopedi Siloam Hospitals Kebon Jeruk Dr. dr. Franky Hartono, Sp.OT, F.I.C.S di Jakarta, baru-baru ini.

Menurutnya, gejala osteoporosis biasanya tidak dirasakan pasien hingga terjadi cedera patah tulang.

Kejadian tiga patah tulang pada manula disebabkan rangkaian posisi tubuh saat terjatuh.

Posisi jatuh terduduk akan mematahkan panggul, jatuh terjungkal mematahkan tulang belakang dan ketika tangan spontan menahan tubuh saat jatuh akan menghancurkan tulang lengan bawah maupun pergelangan tangan.

Dr. Franky menjelaskan, kejadian patah tulang pada pasien osteoporosis di dunia mencapai sembilan juta per tahun atau terjadi setiap tiga detik.  Kejadian paling banyak yakni patah tulang panggul dan diperkirakan meningkat pesat.

“Kejadian patah tulang panggul pada 1950 hanya ditemukan 1,66 juta dan diprediksi menjadi 6,26 juta pada 2050. Paling banyak akan ditemukan di Asia (3,25 juta),” katanya.

Osteoporosis termasuk penyakit tanpa gejala yang fatal (silent killer). Kendati osteoporosis tanpa disertai gejala khusus tetapi beberapa tanda ini perlu Anda waspadai. Misalnya saja nyeri di leher, punggung dan pinggang, bertambah pendek serta bungkuk.

Untuk mengetahui lebih detail kondisi kepadatan tulang dapat melalui pemeriksaan Bone Mineral Density (BMD) menggunakan alat Dual-energy X-ray absorptiometry (DEXA).