Iklan Tentang Bahaya Merokok [youtube]

Iklan Tentang Bahaya Merokok

PinkKorset.com, Jakarta – Kementerian Kesehatan RI terus berupaya mengendalikan konsumsi rokok melalui iklan layanan masyarakat tentang bahaya rokok.  

Kementerian Kesehatan RI bersama Vital Strategies melakukan upaya promotif pengendalian konsumsi rokok dengan meluncurkan iklan layanan kesehatan masyarakat bertajuk Rokok Merusak Tubuhmu. Iklan tersebut mulai ditayangkan di stasiun televisi nasional sejak 1 September 2016 selama enam pekan.

Iklan berdurasi 30 detik ini menayangkan grafis penurunan kesehatan akibat merokok meliputi gambar jantung manusia berdenyut semakin cepat, paru-paru sehat berubah menjadi hitam, kanker mulut, gigi membusuk, kanker tenggorokan dan penyumbatan arteri yang berujung stroke.

Tidak hanya sebatas iklan televisi. Kampanye ini juga digalakkan melalui website www.suaratanparokok.co.id dan berbagai akun media sosial dengan tagar #SuaraTanpaRokok.

Direktur Gizi Masyarakat, Ditjen Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI Ir. Doddy Izwardy, MA mengatakan, peluncuran iklan ini sebagai langkah promotif pengendalian konsumsi rokok mengingat beban BPJS begitu besar.

“Rokok menimbulkan penyakit tidak menular yang membebani BPJS hingga 30%,” ucapnya saat acara Peluncuran Iklan Rokok Merusak Tubuhmu di Jakarta, Jumat (2/9/2016).

Bahkan Indonesia diproyeksikan mengalami kerugian triliunan dollar AS pada masa mendatang. World Economic Forum 2015 memprediksi ekonomi Indonesia akan kehilangan US$4,5 triliun pada 2030.

Kampanye ini melanjutkan inisiatif pengendalian tembakau nasional yang diluncurkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada Mei 2016 yang berfokus dampak ekonomi dari konsumsi tembakau. Iklan pertama diluncurkan pada 27 Mei 2016 tentang Suara Tanpa Rokok versi anak.