Ayo Indonesia Bergerak Lawan Sedentari [google]

Ayo Indonesia Bergerak Lawan Sedentari

PinkKorset.com, Jakarta – Kementerian Kesehatan RI dan Fonterra Brands Indonesia meluncurkan kampanye Ayo Indonesia Bergerak.

Sebagai bagian dari kesepakatan kerjasama antara Fonterra Brands Indonesia dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, serta mengambil momen Puncak Perayaan Hari Kesehatan Nasional 2018, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. dr. Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek, SpM meresmikan kampanye Ayo Indonesia Bergerak.

Gerakan yang diluncurkan 18 November 2018 di Jakarta ini bertujuan mendorong masyarakat melakukan aktivitas fisik guna mengurangi tingkat gaya hidup tidak aktif (sedentari).

Kampanye ini merupakan inisiatif Indonesia sebagai bagian program Global Action Plan for Physical Activity, World Health Organization untuk meningkatkan kebiasaan hidup sehat dengan aktif bergerak dan mengurangi angka sedentari hingga 15% tahun 2030.

Sedentari menjadi hal serius mengingat dampaknya merugikan kesehatan. Berdasarkan data Riskesdas (2018), angka aktivitas fisik kurang meningkat dari 26,1% menjadi 33,5%. Hal ini berisiko menimbulkan berbagai penyakit tidak menular seperti jantung, diabetes, kanker dan sebagainya.

Terlebih lagi biaya penyakit tidak menular membebani BPJS. Sebanyak 35% belanja BPJS habis untuk manfaat medis dari penyakit tidak menular.