Perokok Indonesia Terus Meningkat [google]

Perokok Indonesia Terus Meningkat

PinKkorset.com, Jakarta – Prevalensi perokok di Indonesia menunjukkan angka yang terus meningkat. 

Menurut Wakil Kepala Lembaga Demografi Universitas Indonesia Abdillah Ahsan, SE., M.SE, saat ini perokok dewasa di Indonesia sebanyak 36% dari total penduduk. Dengan perokok laki-laki (67%) dan perempuan (3%). Pada 10 tahun lalu jumlah perokok dewasa di Indonesia sebesar 40%.

“Prevalensi perokok di Indonesia mengalami peningkatan,” ujarnya saat acara Peluncuran Iklan Rokok Merusak Tubuhmu di Jakarta, Jumat (2/9/2016).

Abdillah menambahkan, kendati angkanya menurun tetapi prevalensinya justru meningkat. Karena hal ini tidak selaras dengan peningkatan jumlah penduduk, pendapatan perkapita dan jumlah produksi rokok.

Berbeda dengan Thailand yang mengalami tren prevalensi perokok yang menurun. Sejak 20 tahun lalu, Negeri Gajah Putih ini tercatat 30% perokok dewasa dan kini hanya 18%. Pemerintah menelurkan kebijakan ketat pengendalian konsumsi rokok selama 20 tahun.

“Ini pun baru berhasil mengendalikan prevalensinya bukan produksi rokok,” katanya.

Hambatan untuk mengurangi prevalensi merokok di seluruh dunia dinilai hampir sama. Sering kali terjadi pembelokan isu yang mengaitkan pengendalian rokok dari sisi ekonomi.