Rahasia Awet Muda Mooryati Soedibyo [antara]

Rahasia Awet Muda Mooryati Soedibyo

PinkKorset.com, Jakarta – Kendati sudah menginjang usia 88 tahun, Mooryati Soedibyo tetap sehat dan cantik. Apa rahasianya?

Pendiri PT Mustika Ratu dan Yayasan Puteri Indonesia ini membeberkan resep awet muda di usianya yang sudah lebih dari 8 dasawarsa.

Perempuan yang lahir di Villa Seneng Surakarta, Gedung Bondo Lumakso, Keraton Surakarta Hadiningrat, pada 5 Januari 1928 mengatakan, agar tetap tampil cantik dan bugar dibutuhkan 3 langkah.

“Tipsnya yakni rajin berolahraga fisik dan mental, berpuasa dan minum jamu,” katanya dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Selasa (5/1/2016).

Mooryati menambahkan, racun dalam tubuh mudah dikeluarkan dengan olahraga fisik dan berpuasa. Olahraga juga membuat diri merasa bahagia karena produksi hormon dopamine dan serotonin. Sedangkan olahraga mental berupa meditasi dan berdoa menenangkan jiwa.

Selain itu, cucu Sri Susuhunan Pakoe Boewono X Keraton Surakarta ini membiasakan meminum jamu. Ia rajin meneguk beras kencur yang dibuat sendiri di rumah.

Tampil cantik, sehat dan bugar juga menjadi bekal Mooryati merintis bisnis perusahaan jamu dan kosmetik yang diawali di garasi rumahnya pada 1973.