Serunya Simulasi SIM A untuk Anak-anak [PinkKorset]

Serunya Simulasi SIM A untuk Anak-anak

Anak Anda bisa belajar memperoleh Surat Izin Mengemudi (SIM) sejak dini. 

Ya. Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 menggelar Road Safety for Children secara gratis di JIEXPO Kemayoran, Jakarta (7-17  April 2016).

Sembari menikmati beragam model kendaraan bermotor terkini,  anak-anak  diberi kesempatan simulasi mendapatkan SIM seperti layaknya orang dewasa.

Staf bagian Registrasi Road Safety for Children Nina mengatakan, simulasi ini khusus disediakan untuk anak-anak usia 6-12 tahun tanpa dikenakan biaya, alias gratis. “Prosesnya mudah, cukup isi formulir, foto di tempat, menerima pengarahan dari polwan dan tes berkendara,” katanya kepada Pinkkorset di Jakarta, Jumat (8/4/2016).

Bekerja sama dengan Korlantas POLRI, anak-anak akan diberi pengetahuan berkendara yang baik dan benar oleh polisi lalu lintas. Misalkan saja rambu lalu lintas, seperti tanda berhenti, penunjuk arah dan lampu lalu lintas.

road-safety,-IIMS-2016-2

Anda juga tidak perlu khawatir keselamatan anak karena menggunakan mobil listrik yang mudah dan aman dikendarai. Bahkan anak dibawah usia 6 tahun pun dapat mengikuti simulasi ini.

Sebanyak 30 mobil yang disediakan dilengkapi remote control untuk mengendalikan mobil listrik. “Kami pastikan anak-anak aman mengendarai mobil ini karena dikendalikan remote. Sekalipun mereka di bawah umur dan tak bisa menginjak pedal,” katanya lagi.

Seluruh proses simulasi ini memakan waktu paling lama 45 menit. Seusai melewati seluruh tahap simulasi mereka akan membawa pulang kartu SIM khusus sebagai tanda bukti sekaligus kenang-kenangan.

Road-Safety-for-Children,-IIMS-2016

Salah satu orangtua peserta dari Jatiwaringin, Bekasi, Aulia mengaku senang dengan adanya program ini. Menurutnya, simulasi ini sangat penting untuk mendidik anak cara berkendara sejak dini. “Anak jadi bisa belajar berinteraksi dengan orang lain, mandiri dan mengenali kendaraan,” ucapnya.