Setengah Penduduk Indonesia Gunakan Internet [youtube]

Setengah Penduduk Indonesia Gunakan Internet

PinkKorset.com, Jakarta – Jumlah pengguna internet di Indonesia melonjak pada dua tahun terakhir. Bahkan, diperkirakan mencapai setengah dari total penduduk pada 2016 ini.

Berdasarkan survei internet Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) 2016, Indonesia terus mengalami pertumbuhan pengguna internet. Pada 2016, jumlah total pengguna internet di Indonesia mencapai 132,7 juta.

“Artinya, sudah melampaui setengah total penduduk Indonesia, tepatnya pada 51,8%,” tutur Ketua Umum APJII, Jamalul Izza dalam media gathering di Jakarta. Angka tersebut jauh lebih tinggi dari 2014 dengan peningkatan 88 juta pengguna.

Hasil survei juga menunjukan, 70% pengguna internet mengakses dari perangkat mobile. Ini disebabkan tingkat kepuasan yang tinggi untuk pemakaian mobile internet dibanding kepuasan internet rumah.

Dari segi penggunaan internet, tetap didominasi untuk media sosial dan hiburan. Facebook masih menjadi media sosial yang paling sering dikunjungi. Instagram menjadi media sosial yang laris manis, setelah Facebook.

Terkait perilaku e-commerce, walaupun mayoritas pengguna menganggap aman bertransaksi online, metode pembayaran utama tetap melalui atm dan barang atau jasa. Untuk pembelian, tiket dan kebutuhan rumah tangga mendominasi.

Survei dilakukan secara bertahap pada 1-11 Juni yang berlanjut pada acuan atau kerangka terhadap pengguna. Pengambilan sampel dilakukan secara acak di setiap provinsi sesuai populasi. Artinya, sampel yang diambil lebih banyak dari pulau Jawa karena jumlah populasi yang besar dibanding Maluku atau Papua.