Teknologi Yang Bakal Booming Tahun Ini [mashable]

Teknologi Yang Bakal Booming Tahun Ini

PinkKorset.com – Teknologi dan masa depan tak bisa dipisahkan. Meski pada dasarnya, para pelaku teknologi harus menebak apa yang bakal menjadi tren.

Seorang futuris teknologi yang menjabat sebagai CEO di Strategic News Service, Mark Anderson, pernah memprediksikan Amazon akan mengalami masa sulit di 2015. Alasannya e-book melemah, drone kian laris, dan penjualan produk ponsel mereka ‘diacuhkan’ pasar.

Faktanya, 2015 Amazon mengejutkan semua orang, terus mempertebal pundi-pundinya dan bahkan nilai sahamnya meroket hingga 120%. Salahkah Anderson? Tidak. Perkembangan teknologi memang terkadang mengejutkan.

Begitulah prediksi. Tahun ini, sejumlah teknologi sudah berkembang. Beberapa diantaranya, seperti diprediksikan Yahoo Finance, akan menembus mainstream atau bahkan, memiliki dampak besar terhadap investasi di industri tersebut.

Wearable Devices

Tahun lalu, Apple merilis Apple Watch yang disebut-sebut sebagai ‘mainan orang kaya’. Meski begitu, kalangan teknologi dan bahkan fashion ramai-ramai mengikuti jejak Apple mengeluarkan smartwatch bikinan mereka sendiri. Kini, dunia menantikan perkembangan selanjutnya teknologi tersebut.

Kacamata canggih (smart glasses) seperti Google Glass juga teknologi yang kemungkinan besar akan berkembang tahun ini. Baru-baru ini, layanan ekspedisi DHL menjalankan program pilot menggunakan Google Glass yang berimbas positif terhadap produktivitas mereka.

google glass

Google Glass [google]

Jam tangan dan kacamata, sudah. Apa lagi? Kita nantikan saja wearable devices selanjutnya.

Virtual Reality

Konsep ini sudah sering terdengar di banyak film, sejak puluhan tahun lalu. Virtual Reality (VR) memanfaatkan handset khusus yang membuat Anda bebas berpetualang di dunia baru ciptaan manusia. Tahun ini, publik diperkirakan bakal lebih dekat lagi dengan realita buatan tersebut.

Google Cardboard [google]

Google Cardboard [google]

VR nampaknya akan menjadi medan pertempuran teknologi. Sony, Microsoft, dan HTC kabarnya akan memperkenalkan produk VR tahun ini. Google sudah memiliki Google Cardboard. Sementara Facebook mempertaruhkan lebih besar, melalui produk yang dikeluarkan anak usahanya, Oculus Rift.

Presiden Joko Widodo menjajal Oculus bersama pendiri Facebook, Mark Zuckerberg di markas jejaring sosial tersebut.

Presiden Joko Widodo menjajal Oculus bersama pendiri Facebook, Mark Zuckerberg di markas jejaring sosial tersebut. [facebook]

Oculus, menurut Facebook, kemungkinan akan menjadi sebuah sistem operasi. Saat ini, baru para gamers yang menikmatinya. Apalagi, gadget ini baru bisa bekerja di komputer-komputer high-end. Tahun ini, kita saksikan saja seperti apa Mark Zuckerberg dan kawan-kawan akan mengembangkannya.