Tips Memasak Kerang nan Lezat [solusimasak]

Tips Memasak Kerang nan Lezat

PinkKorset.com, Jakarta – Sensasi lembut, manis nan kenyal kerang sangat memanjakan lidah. Namun, cara memasak yang salah bisa mengurangi kenikmatannya.

Hidangan kerang banyak ragamnya, umumnya dimasak dengan ditumis. Bumbunya pun beragam, seperti asam manis, saos Padang, saus tiram dan lada hitam.

Sedangkan aneka kerang yang banyak tersaji di restoran seafood meliputi kerang dara, kerang bambu, kerang hijau, kerang kepa, kerang putih, kerang kijing dan kerang simping.

Seenak apapun jenis kerang dan bumbunya, bila cara memasaknya tidak tepat, maka sajian pun tidak akan sempurna.

Executive Chef Samudera Rasa, Darmawan mengatakan, kerang yang segar adalah syarat utama mengolah sajian kerang nikmat.

“Sebaiknya membeli kerang hidup karena cangkang masih tertutup dan tidak anyir,” katanya.

Proses merebus kerang juga menentukan hasil akhir. Menurutnya, sebelum dibumbui, kerang perlu dibersihkan dan direbus. Misalnya saja mengolah kerang bambu, setelah dicuci bersih lalu direbus tidak lebih dari satu menit.

“Lebih dari satu menit, kerang bambu jadi alot,” katanya lagi.

Teknik memasak seperti ini juga berlaku pada kerang populer lainnya, seperti kerang hijau dan kerang kepa. Setelah dibersihkan, kerang-kerang tersebut direbus setengah matang (40 detik) dan kondisi cangkang masih tertutup. “Kalau cangkang terbuka, maka saat dimasak bersama bumbu akan terlepas dan citarasa manis kerang hilang,” ujarnya.

Setelah melalui proses perebusan, kerang bisa mulai dibumbui dan dimasak sesuai selera Anda.