Jelajah Menu Makassar di Utara Jakarta [PinkKorset]

Jelajah Menu Makassar di Utara Jakarta

PinkKorset.com, Jakarta – Rindu hidangan khas Makassar? Anda kini bisa mencicipi citarasa menu Sulawesi tersebut di  Samudera Rasa, Jakarta.

Makassar atau dahulu dikenal dengan Ujung Pandang adalah kota internasional terbesar di Indonesia Timur, tepatnya berlokasi di Sulawesi Selatan. Terletak di pesisir, tak heran bila sajian kuliner daerah ini sangat dipengaruhi hasil laut.

Bila Anda rindu hidangan laut khas Makassar, kunjungi saja Samudera Rasa. Restoran keluarga yang berlokasi di Jl. Boulavard Raya Blok QF 1 No. 1 Kelapa Gading, Jakarta Utara ini menyajikan hidangan laut yang lezat.

Manajer Samudera Rasa, Harry menjelaskan, Samudera Rasa lebih banyak menyajikan sajian khas Makassar dengan berbagai macam penghidangan.

“Hidangan ikan ada 10 macam dan 70% dimasak ala Makassar, ada olahan bakaran, sup dan lain-lain,” katanya di Jakarta, baru-baru ini.

Hidangan laut Makassar ini sangat terkenal kelezatannya, mulai dari aneka ikan laut, kepiting, kerang dan cumi. Semua makanan laut ini dapat dimasak berbagai teknik, digoreng, ditumis dan dibakar.

Kudu-kudu Goreng Tepung

samudera-rasa,-kudu-kuduMisalnya saja sajian Kudu-kudu Goreng Tepung (Ostracion cubicus). Ikan berbentuk segi enam ini menyerupai kotak sehingga disebut pula box fish.

Walaupun sepintas mirip ikan buntal (fugu), tetapi berbeda karena ikan kudu-kudu tidak berduri dan tidak mengembang. Alhasil ikan ini bebas racun dan aman disantap. Potongan daging kudu-kudu bersalut tepung goreng nan lembut tersembunyi di balik kulitnya yang keras.

Kaci-kaci Manado

samudera-rasa,-kaci-kaciSelain digoreng, ada pula ikan khas Makassar yang dibakar yakni Kaci-kaci Manado. Sekilas nama-nama ikan Sulawesi ini memang terdengar lucu karena bernama dengan pengulangan kata.

Tapi rasa Kaci-kaci Manado disini justru gahar. Ikan bakar ini dibumbui bumbu Rica Manado dengan cabai rawit yang meriah.

Executive Chef Samudera Rasa, Darmawan, mengungkap rahasia pedasnya bumbu Rica Manado. Ia menjelaskan pedasnya bumbu ini terasa awet di mulut karena diolah segar tanpa distok. “Cabai dan bawang putihnya segar. Semua diulek tanpa ditumis, melainkan hanya disiram minyak goreng panas,” katanya.

Tapi-tapi Rica Kuning

samudera-rasa,tapi-tapiSetelah berkeringat menyantap sajian pedas, saatnya cooling down dengan hidangan yang satu ini. Disini tersedia sajian bernama unik lagi, Tapi-tapi Rica Kuning.

Ikan tapi-tapi bakar bersalut bumbu Rica Kuning ini bercitarasa gurih, kaya bumbu tanpa rasa pedas.

 

Aneka sambal

samudera-rasa,-sambalTetapi bila Anda menginginkan rasa pedas tersedia beberapa sambal cocolan, diantaranya sambal dabu-dabu, sambal mangga, sambal petis dan sambal merah.

Sementara bumbu ikan bakar tersedia beberapa pilihan, diantaranya bumbu parape (khas Makassar), pedas manis (khas Samudera Rasa), rica kuning, rica merah dan rica Manado.

Walaupun ikan bakar Makassar dibakar, tetapi tidak sampai menghitam. “Ciri ikan bakar Makassar memang tidak gosong,” ujarnya.

Sajian lain

samudera-rasa,-cumi-ricaSelain sajian ikan bakar, tersedia pula Kepiting Lada Hitam, Sup Ikan Bandeng Palumara (tanpa duri), Kerang Bambu Saos Padang, Cumi Bakar Rica Merah dan Udang Goreng Tepung Telur Asin.

 

 

Minuman segar 

samudera-rasa-1Untuk menyegarkan tenggorokan dapat menenguk aneka pilihan minuman segar, diantaranya Es Kelapa jeruk, Es Kelapa Manado, Es Markisa dan Green Juice.

Seluruh menu di Samudera Rasa dipatok harga Rp20.000 – Rp300.000-an. Restoran dua lantai ini sanggup menampung pengunjung sebanyak 100 orang, ditambah enam ruang VIP berkapasitas masing-masing 20 orang.

Samudera Rasa merupakan restoran family casual dining yang menyajikan hidangan laut khas Makassar sebagai andalannya. Restoran yang masih satu keluarga dengan restoran Cranky Crab ini berlokasi di Kelapa Gading dan beroperasi sejak 2009.