Tips Membuat Kopi Latte ala Kafe [aspirantsg]

Tips Membuat Kopi Latte ala Kafe

PinkKorset.com, Jakarta – Sensasi kenikmatan kopi latte ala kafe kini bisa Anda hadirkan di rumah.

Bersantai sambil bercanda bersama rekan kerja di kafe memang paling mengasyikan. Apalagi ditemani secangkir kopi latte.

Selain nikmat dan hangat, mata Anda pun dimanjakan dengan sentuhan seni latte (latte art) yang dikreasikan khusus tangan dingin barista. Misalnya saja grafis cokelat dan putih indah berbentuk hati, daun, panda, beragam karakter animasi, bahkan wajah Anda sendiri.

Keindahan seni latte ini ternyata cukup mudah dihadirkan di rumah. Bukan membawa barista atau membeli alat rumit seperti espresso machine.

Anda hanya perlu siapkan tiga hal.

Pertama, ekstrak kopi. Ekstrak kopi bisa diperoleh dengan metode penyeduhan air panas (hot brew) maupun dingin (cold brew). Sementara perbandingan air dan bubuk kopi adalah 2:3 atau 1:3. “Tetapi yang terpenting dalam kopi latte adalah susu,” sambungnya.

Kedua, susu hangat. Susu yang paling tepat digunakan hanyalah susu cair (fresh milk). Susu lain seperti susu bubuk dan susu kental manis tidak akan menghasilkan busa (foam) maksimal. Selain itu, rasa kopi latte pun kurang nikmat. Sebelum dikocok hingga menjadi busa, susu perlu dihangatkan hingga temperatur maksimal 65 derajat Celcius.

Ketiga, plunger untuk mengocok susu.  Plunger adalah alat berupa tabung dengan tuas penyaring sekaligus kawat pengocok. Plunger biasanya digunakan untuk menyeduh kopi sekaligus menyaringnya. Tetapi alat ini juga bisa untuk menghasilkan buih-buih susu.

Head of Research and Development PT Maxx Coffee Indonesia Randy Renaldy mengatakan, mengocok susu dengan mixer maupun milk frother justru menghasilkan busa susu yang kasar. “Setelah ekstrak kopi dan susu tersedia, saatnya Anda tunjukkan kreasi seni latte,”ujarnya  saat peluncuran Awesome Autumn Maxx Coffee di Jakarta, Rabu (14/9/2016).

 

Pada dasarnya seni latte menggunakan dua metode, yakni free pour dan etching. Cara paling mudah dipraktikkan adalah metode free pour yang hanya menuang cairan susu beserta busanya. Sementara metode etching lebih rumit karena perlu teknik lukis di atas busa susu.

Agar menghasilkan seni latte maksimal, dibutuhkan perbandingan jumlah cairan dan busa susu. Dalam satu cangkir kopi terdiri atas satu bagian ekstrak kopi, tiga bagian susu dan satu bagian busa susu. Anda perlu memerhatikan ketika menuang susu. Kemiringan dan jarak ketinggian antara cangkir dan gelas susu memengaruhi hasil akhir.

Selamat mencoba.