Tips Memilih Oleh-oleh Makanan [kompas]

Tips Memilih Oleh-oleh Makanan

PinkKorset.com, Jakarta – Membawa buah tangan berupa makanan untuk keluarga maupun rekan kerja menjadi ritual khusus setelah berlibur atau mengunjungi daerah tertentu.

Namun, ajang berbagi ini dapat meninggalkan kesan buruk bila oleh-oleh tersebut rusak atau tidak bisa lagi dikonsumsi, alias basi.

President of Indonesia Pastry Alliance Chef Rahmat Kusnedi membagikan tips untuk membeli oleh-oleh makanan.

Pertama, kenali dulu produk yang akan Anda beli, bagaimana bentuk dan rasa yang seharusnya.

“Tentu semua orang ingin oleh-oleh yang terbaik, makanya harus selektif. Kenali dulu apa yang mau dibeli. kalau bisa Anda bisa mencicip rasanya dan teksturnya, sesuai atau tidak,” katanya di Jakarta, baru-baru ini.

Menurutnya, sebuah produk makanan yang aman harus tertera nomor izin produksi dan teregistrasi BPOM maupun halal. “Ini penting mengingat banyak isu-isu seputar hal itu yang mengganggu,” katanya.

Selain itu, penampilan produk dan bentuk kemasan juga dapat menentukan kualitasnya. Tampilan ini meliputi warna, desain dan tekstur. Inilah pentingnya untuk teliti melihat kemasan dan bentuk dari oleh-oleh.

“Perhatikan penampilan luarnya, packaging-nya, apakah layak atau tidak untuk dibeli,” ucapnya.

Kemudian, Anda juga perlu melihat tanggal kedaluwarsa produk pada kemasan oleh-oleh. Chef Rahmat menambahkan, produk oleh-oleh harus tahan lama karena memerlukan waktu untuk dibawa selama perjalanan.