Viber Ikuti Langkah WhatsApp [techcrunch]

Viber Ikuti Langkah WhatsApp

PinkKorset.com – Mengikuti tren aplikasi perpesanan instan (instant messaging) yang melakukan enkripsi sebagai langkah pengamanan, Viber juga memulainya.

Viber menjadi aplikasi terbaru yang akhirnya melakukan enkripsi end-to-end terhadap seluruh percakapan atau pesan penggunanya untuk menjaga privasi.

“Kami telah bekerja keras dalam jangka waktu yang lama untuk menghadirkan fitur ini dan kami bangga seluruh pengguna kami dapat nyaman berkomunikasi tanpa diketahui oleh siapapan,” ujar COO Viber Michael Shmilov, dalam tulisannya di blog resmi, Selasa (19/4).

Viber menjamin takkan ada pihak ketiga yang dapat membuka isi pesan seluruh penggunanya, termasuk pemerintah dan Viber sendiri.

Langkah tersebut mengikuti WhatsApp yang baru-baru ini melakukan enkripsi untuk seluruh percakapan satu miliar penggunanya di seluruh dunia.

Apple sebelumnya juga telah melakukan enkripsi terhadap seluruh pesan yang dikirimkan oleh pengguna melalui perangkat mereka.

Enkripsi end-to-end artinya seluruh data yang dikirimkan dalam bentuk pesan, foto, video, dan suara tak dapat terbaca pihak ketiga, hanya pengirim pesan dan penerima pesan saja.

Viber yang dimiliki raksasa perdangan elektronik Jepang, Rakuten, saat ini memiliki 700 juta pengguna.