Anak Indonesia Kurang Asupan Sayur dan Buah [cbpp]

Anak Indonesia Kurang Asupan Sayur dan Buah

PinkKorset.com, Jakarta – Lebih dari 90% anak Indonesia di bawah umur lima tahun kurang konsumsi buah dan sayur. Kondisi ini memengaruhi tumbuh dan kembang anak.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Upaya Kesehatan Masyarakat (2014) menemukan 97,7% anak Indonesia di bawah umur lima tahun tidak mengonsumsi cukup buah dan sayuran.

Hal ini tercermin berdasarkan temuan Balai Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian (2011) yang menunjukkan konsumsi buah-buahan masyarakat Indonesia hanya 34,55 kg per kapita per tahun dan konsumsi sayuran 40,35% kg per kapita per tahun. Padahal FAO merekomendasikan, asupan buah 73 kg per kapita per tahun dan sayuran 91,25 kg per kapita per tahun.

Konsultan Gastrohepatologi Anak dr. Frieda Handayani Kawanto, Sp.A(K) mengatakan, buah dan sayuran mengandung beragam nutrisi dan serat yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

“Asupan serat tinggi (sayur dan buah) mencegah anak sembelit, kenyang lebih lama dan saluran cerna bergerak aktif. Sementara vitamin dan mineral mengurangi risiko penyakit tidak menular,” ucapnya saat acara peluncuran PAUD Healthy Eating Habit di Jakarta, Kamis (9/3/2017).

Sementara itu Kementerian Kesehatan bersama 20 Kementerian dan lembaga terkait mencanangkan program nasional Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) pada November 2016.

Sebagai kontribusi dan dukungan nyata program nasional tersebut, Sarihusada melalui susu pertumbuhan SGM Eksplor dengan Buah dan Sayur kembali meluncurkan PAUD Healthy Eating Habit (HEH). Program ini akan dilaksanakan selama enam pekan di 20 PAUD di Jakarta, Tangerang dan Jawa Barat.

Brand Manager SGM Eksplor Buah dan Sayur Diana Beauty mengatakan, tahun ini program dilaksanakan berkala mulai Maret hingga September 2017 yang tak hanya melibatkan anak-anak PAUD tetapi juga orangtua dan guru melalui parenting class.

“Tujuannya memperkenalkan dan meningkatkan kesukaaan anak terhadap buah dan sayur melalui cara yang menyenangkan,” katanya.

Ada beragam aktivitas yang dilakukan, antara lain berbagi resep masakan kreatif oleh celebrity chef melalui cooking class, kelas hidroponik, permainan dan aktivitas interaktif anak melalui kerajinan tangan, berkebun, gerak serta lagu jingle SGM Eksplor dengan Buah dan Sayur terbaru.