Penyebab Uban Muncul Lebih Cepat [huffpost]

Penyebab Uban Muncul Lebih Cepat

PinkKorset.com – Uban sebagai tanda penuaan dapat muncul lebih cepat dari waktunya. Hal ini bisa dipicu berbagai sebab.

Rambut putih atau uban yakni salah satu tanda penuaan yang terjadi karena pigmen rambut (melanin) berhenti produksi. Perempuan biasanya mulai memiliki uban pada umur 30 tahun.

Namun, ada beberapa sebab yang memicu uban muncul lebih cepat. Faktor genetik adalah pemicu utama masalah ini. Bila orangtua Anda memiliki uban pada usia muda, Anda juga akan mengalami hal serupa.

Uban muncul lebih dini juga disebabkan faktor gizi, hormonal, stres dan beberapa penyakit seperti diabetes, anemia pernisiosa serta masalah tiroid.

Selain uban yang dipicu faktor genetik, Anda dapat memperlambat munculnya uban dengan mencukupi nutrisi rambut. Sebagian besar bagian rambut dibentuk protein (keratin). Sehingga Anda memerlukan asupan protein yang mengandung banyak asam amino. Ikan dan telur menjadi sumber makanan berprotein yang mudah diserap tubuh.

Tak hanya protein, pemenuhan nutrisi mikro sepetti vitamin D, B12, B6 dan mineral tembaga juga dibutuhkan rambut. Asupan omega 3 juga membantu menyehatkan rambut agar terlihat lembab dan mengurangi gatal. Memberikan vitamin rambut maupun berkeramas sambil memijat rambut membantu memperlancar aliran darah kulit kepala dan menyehatkan folikel rambut.