Bahaya Bersihkan Telinga dengan Cotton Bud [infowoman]

Bahaya Bersihkan Telinga dengan Cotton Bud

PinkKorset.com – Anda terbiasa membersihkan telinga dengan cotton bud atau benda keras lainnya? Sebaiknya segera hentikan.

Seringkali membersihkan telinga dengan alasan kotor atau terbiasa dengan sensasi gelinya. Tidak jarang Anda membersihkan telinga dengan benda padat, keras maupun tajam seperti cotton bud, pinset, pengorek logam, lilin pembersih (ear candle) dan vakum telinga (ear wax vacuum).

Menggunakan benda-benda tersebut menambah risiko cedera selaput gendang telinga. Bila bagian rapuh tersebut pecah dapat menyebabkan gangguan pendengaran permanen. Mengorek sendiri telinga Anda justru mendorong kotoran telinga semakin masuk ke dalam dan menyumbat lubang telingga. Alhasil pendengaran Anda semakin terganggu.

Kotoran telinga berupa lilin ini sebenarnya bukan kotoran yang mengganggu. Adanya lilin ini menandakan telinga Anda berfungsi optimal atau normal. Lilin tersebut berguna sebagai pelumas dan mematikan binatang kecil yang berusaha masuk ke telinga. Menggunakan alat pembersih telinga justru mengganggu siklus normal pembersihan telinga.

Ada cara aman membersihkan telinga tanpa menggunakan alat-alat pembersih telinga tersebut. Anda dapat meneteskan air garam, minyak pembersih telinga atau cairan hydrogen peroxide ke dalam lubang telinga.

Jika Anda merasakan gangguan atau nyeri akibat penumpukan kotoran telinga sebaiknya konsultasikan ke dokter.