Cara Benar Gunakan Tisu Toilet [GH]

Cara Benar Gunakan Tisu Toilet

PinkKorset.com – Tisu adalah benda penting yang seharusnya wajib ada di setiap toilet umum. Tapi apakah Anda sudah menggunakannya dengan benar?

Tak semua toilet umum memiliki shower untuk membasuh bagian pribadi setelah Anda buang air. Kadang, toilet hanya menyediakan tisu gulung yang kering. Apakah Anda menggunakannya dengan benar?

Depan ke Belakang

Dr. Justin Sloane dari Abington Hospital di Pennsylvania, Amerika Serikat (AS) menyarankan usapkan tisu dari arah depan ke belakang. Mengapa hal ini amat penting?

“Mengusap dari belakang ke depan akan membawa bakteri di anus lebih dekat ke urethre (saluran kemih). Ini bisa menyebabkan infeksi saluran kencing,” paparnya.

Jangan Terlalu Agresif

Bagian bawah nampaknya kokoh, namun bukan berarti Anda bisa mengusap tisu secara agresif. Apalagi, buang air bisa dilakukan berkali-kali dalam satu hari.

“Bisa lecet tipis dan bakter bisa berkembang. Berujung pada iritasi ujung saluran kemih. Tepukkan saja perlahan,” saran Direktur Center for Speciliazed Women’s Health di Denville, New Jersey, Dr. Michael Ingber.

Buang Tisu Basah Khusus

Tisu khusus perempuan ini tampaknya bisa membantu Anda untuk lebih membersihkan. Namun Dr. Ingber menyarankan Anda menghindari tisu basah yang mengandung alkohol atau gliserin.

Ini karena berpotensi menyebabkan iritasi pada permukaan berlendir seperti vagina. Jika ingin membersihkan dengan sesuatu yang basah, lebih baik gunakan air atau air garam.