Cara Tepat Ngemil Sehat [pinterest]

Cara Tepat Ngemil Sehat

PinkKorset.com – Ngemil tidak selalu menjadi musuh diet Anda. Ada cara tepat makan kecil tanpa meningkatkan berat badan.

Ngemil dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah agar tubuh tetap berenergi. Tetapi cara ngemil yang salah justru meningkatkan berat badan. Anda dapat mengendalikan ngemil dengan memenuhi makan besar tiga kali sehari. Cara ini menghindari Anda ngemil banyak akibat mengganti makan besar yang terlewat.

Anda boleh ngemil jika memang perut lapar. Namun, jika mendekati waktu makan besar sebaiknya menunggu. Ketika makan makanan ringan sebaiknya dilakukan sambil duduk agar menjadi ingatan bila Anda sudah makan.

Asupan makanan ringan juga harus masuk dalam daftar kebutuhan kalori harian. Lebih sehat jika Anda mengombinasikan makanan ringan dengan buah maupun sayuran. Bila Anda benar-benar lapar sebaiknya pilih camilan berbentuk makanan besar dalam porsi mini. Misalnya secangkir sup, setengah roti lapis maupun semangkuk kecil sereal.

Coba ubah kebiasaan ngemil Anda. Jika Anda terbiasa camilan manis sebaiknya beralih asin atau gurih. Cara ini untuk memuaskan nafsu makan Anda pada jenis camilan yang tidak disukai.

Kurangi juga asupan kalori pada kebiasaan meneguk minuman manis. Anda bisa mengalihkan teh manis, jus dan soda dengan teh herbal (tawar) maupun infused water. Batasi pilihan makanan ringan Anda. Semakin banyak pilihan yang tersedia semakin besar kemungkinan Anda menyantap semuanya.

Anda jangan terkecoh dengan makanan ringan olahan berlabel rendah kalori. semua makanan itu telah melalui banyak pengolahan dan tidak mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan. Sebaiknya Anda membuat makanan ringan sendiri.

Sediakan pula wadah kecil untuk memorsikan dan mengemas makanan kecil Anda untuk membantu mengendalikan jumlah asupan.