Cara ‘Wah’ Santap Buah [Pinkkorset]

Cara ‘Wah’ Santap Buah

PinkKorset.com, Jakarta – Tak hanya lezat disantap, buah juga penuh manfaat sehat. Apalagi diolah menjadi es loli aneka rasa.

Pedoman Gizi Seimbang, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2014) menyebutkan, konsumsi buah yang cukup berperan menjaga keseimbangan tekanan darah, kadar gula dan kolesterol darah dan mengurangi risiko obesitas. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan mengonsumsi buah maupun sayuran sebanyak 300-400 gram per hari.

Namun, di sisi lain studi American Journal of Preventive Medicine (2013) yang mewawancarai 23 responden anak sekolah dasar dan sekolah menengah menganggap buah segar kurang nyaman dikonsumsi karena ukuran yang besar, tidak menarik serta mudah berantakan saat dimakan.

Melihat masalah ini, Philips Indonesia dari Royal Philips mengampanyekan gaya hidup sehat melalui rangkaian inovasi peralatan dapur.

Marketing Manager Domestic Appliances, Philips Personal Health Indonesia, Maria V. Simanjuntak mengatakan, melalui kampanye ‘Serunya Makan Buah’ di media sosial, kami ingin menginspirasi para ibu modern memberikan buah dengan penyajian yang lebih kreatif dan menarik dalam bentuk es loli (popsicle) berbahan dasar buah segar yang dihaluskan dengan blender.

“Sehingga anak mau dan tidak bosan mengonsumsi buah setiap hari,” katanya dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Jumat (10/2/2017).

Anda dapat mengolah beragam buah seperti mangga, nanas, jambu biji, strawberry dan pisang. Semua buah bervitamin ini bisa dijadikan smoothie dan dibekukan menjadi es loli.

Dengan ini para ibu juga dapat berbagi kreasi resep sehat dengan bahan dasar buah melalui akun media sosial dengan hashtag #SerunyaMakanBuah dan berbagi tips sehat dengan hashtag #PhilipsHealthyTips.

“Sebagai bentuk dukungan ini Philips berikan enam buah cetakan popsicle setiap pembelian blender Philips tipe HR2115 dan HR2116,” pungkasnya.

Berikut ini resep aneka es loli berbahan dasar buah segar.

Grape Yoghurt Popsicle

Grape Yoghurt Popsicle

Bahan:

  • 200 ml yogurt rasa anggur
  • 50 ml susu cair
  • 50 gr buah naga merah
  • 2 sdm gula cair atau madu

Cara membuat:

  1. Masukkan yogurt, buah naga merah, susu cair dan gula cair ke dalam gelas blender.
  2. Haluskan semua bahan hingga lembut.
  3. Tuang ke dalam cetakan popsicle, tutup dan simpan dalam freezer hingga beku.

Untuk 3 porsi

Tips:

  • Anda dapat mengganti kombinasi buah dan yogurt. Misalkan memadukan strawberry segar dengan yogurt rasa strawberry atau pisang dengan yogurt rasa leci.
  • Jumlah gula cair maupun madu dapat disesuaikan dengan selera Anda.
  • Rendam dalam air beberapa saat agar mudah mengeluarkan es loli dari cetakan.