Dampak Gunakan Masker Wajah Terlalu Lama [tijerasspb]

Dampak Gunakan Masker Wajah Terlalu Lama

PinkKorset.com, Jakarta – Alasan berlama-lama menggunakan masker wajah agar kulit semakin lembab dan kenyal adalah keliru. 

Spesialis kulit dan kelamin DC Beauty Clinic dr. Kardiana Purnama Dewi, Sp.KK menjelaskan, masker yang beredar di pasaran umumnya untuk menambah kadar air dan tidak disarankan digunakan terlalu lama.

“Terlalu lama pakai masker justru menarik kadar air dari kulit. Hasilnya wajah menjadi keriput,” ucapnya saat media gathering Jeunesse di Jakarta, Selasa (10/1/2017).

Efek ini seperti halnya Anda berendam dalam air yang lama, sehingga kulit menjadi keriput. Dr. Kardiana menyarankan menggunakan masker jenis ini maksimal 30 menit dan dapat digunakan setiap hari. Masker tersebut umumnya berupa kertas basah dengan gel.

Ada pula masker yang justru disarankan digunakan dalam jangka waktu lama. Misalnya overnight mask yang diaplikasikan pada wajah semalaman. Masker jenis ini tidak membuat wajah keriput karena formulasi bahan didominasi pelembab.

Namun, menggunakan masker perlu memerhatikan beberapa hal. Dr. Kardiana tidak menyarankan menggunakan masker khusus dengan komposisi berat digunakan setiap hari. Apalagi dipalikasikan pada kulit bermasalah (kulit luka maupun jerawat besar).

Umumnya masker tersebut mengandung bahan iritan yang biasanya digunakan pada produk peeling kimia untuk mengangkat sel kulit mati. Bahan iritan ini bersifat asam, misalnya asam salisilat, asam glikolat dan asam laktat.

“Bila wajah sedang luka sebaiknya tidak menggunakan masker dengan formula berat. Bila kulit sehat, masker ini dapat digunakan sekali sepekan,” pungkasnya.