Efek Fisik dan Psikis Sarapan [frg]

Efek Fisik dan Psikis Sarapan

PinkKorset.com, Jakarta – Makan pagi atau sarapan sudah dikenal luas manfaatnya.

Guru besar pangan dan gizi,  Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS mengatakan, sarapan bermanfaat untuk menyehatkan tubuh. Hingga kini, 44,6% anak Indonesia masih mengonsumsi sarapan kurang berkualitas,”Ini menyebabkan asupan energinya hanya memenuhi kurang dari 15% total kebutuhan per hari,” katanya di Jakarta, Kamis (9/2/2017).

Menurutnya, sarapan bernutrisi seimbang akan memenuhi 15-30% kebutuhan total energi per hari. “Sehingga makan pagi berperan penting menunjang produktivitas sepanjang hari,”ujarnya.

Sementara Psikolog Vera Itabiliana, Psi menuturkan, memiliki efek psikis yang positif. “Sarapan berkontribusi dalam pembentukan karakter anak agar siap menghadapi tantangan sepanjang hari,”ujarnya.

Studi dari Pusat Penelitian University of Sussex, Sussex Innovation Centre di Inggris (2012) menunjukkan, kebiasaan sarapan sehat membantu meningkatkan kemampuan mental, mengerjakan soal, koordinasi mata-tangan hingga menurunkan kecemasan saat menghadapi stres.

Manfaat sehat dari sarapan harus diperkenalkan sejak dini dalam keluarga. Pola pikir bahwa menyiapkan sarapan adalah hal rumit pun perlu diubah.

Setidaknya hal ini yang menjadi tujuan kampanye Nestlé yang bertajuk ‘Ayo Bangun Indonesia’. Kampanye ini diluncurkan dalam rangka Pekan Sarapan Nasional (PESAN) 2017 yang diperingati setiap 14-20 Februari.

“Untuk itu, kami berbagi ragam informasi, tips dan resep masakan untuk memudahkan keluarga Indonesia dalam menerapkan kebiasaan sarapan sehat,” ujar Nutrition, Health and Wellness Manager Nestlé Indonesia Mira Susanti.