India Siap Luncurkan 104 Satelit Sekaligus [m]

India Siap Luncurkan 104 Satelit Sekaligus

PinkKorset.com – India tengah menyiapkan rekor untuk makin mengukuhkan kekuatannya di bidang luar angkasa dengan meluncurkan 104 satelit sekaligus dalam satu roket.

Indian Space Research Organization (ISRO) akan mencoba peluncuran 104 satelit di dalam roket bernama Polar Satellite Launch Vehicle. Hanya tiga satelit milik India. Sebanyak 101 dari lima negara lain, termasuk Amerika Serikat (AS).

Jika sesuai negara, ISRO akan memecahkan rekor yang dalam margin yang cukup jauh. Sebelumnya, Rusia sukses meluncurkan 37 satelit dalam satu roket, pada 2014. Padahal, upaya ISRO ini untuk menghemat biaya dan bukan memecahkan rekor.

“Peluncuran pada 15 Februari ini bukan untuk memecahkan rekor atau publisitas. Tujuannya adalah memangkas biaya,” kata Direktur Vikram Sarabhai Space Center, K. Sivan, kepada suratkabar The Times of India.

Semakin banyak satelit yang diluncurkan, imbuhnya, semakin sedikit biaya yang dibutuhkan. Aksi ini tentunya membutuhkan strategi khusus. Satelit-satelit India yang merupakan muatan terbesart, akan diletakkan terpisah.

Direktur Misi ISRO B. Jayakumar menjelaskan, satelit India akan diletakkan melintang pada roket. Kemudian 81 satelit akan dipisahkan di arah berbeda. Sebanyak 20 lainnya akan dilepas tidak dalam waktu bersamaan.

ISRO dikenal berambisi menciptakan rekor besar. Pada 2014, India adalah negara Asia pertama yang mengorbitkan satelit di Mars. Semua dilakukan dengan biaya yang lebih rendah ketimbang peluncuran serupa oleh AS dan Eropa.