India Ukur Ulang Gunung Everest [m]

India Ukur Ulang Gunung Everest

PinkKorset.com – Gunung tertinggi dunia ini kemungkinan besar menyusut setelah gempa bumi dua tahun lalu. Untuk itulah ilmuwan India merencanakan ekspedisi untuk mengukur ulang tingginya.

Gempa bumi April 2015 di Nepal yang berkekuatan 7,9 skala Richter merupakan yang terburuk di kawasan itu dalam 80 tahun terakhir. Selain 80 juta orang terkena dampaknya, ilmuwan meyakini pegunungan Himalaya, termasuk Gunung Everest, menyusut hingga satu meter.

“Rentang utama yang menyusut hingga sepanjang 80-100 km di Langtan Himal (hingga barat laut Kathmandu),” papar Richard Briggs, geolog dari United States Geological Survey (USGS).

Berdasarkan data Survey of India, tinggi Gunung Everest adalah 8.848 meter, yang dicatat 62 tahun lalu oleh badan pemetaan negara tersebut. Pemerintahnya kini mengirim lagi tim survei kedua untuk mengukur ulang tingginya.

Pejabat Nepal berkata belum ada kesepakatan mengenai izin untuk tim India masuk ke kawasan itu. Namun Surveyor General India, Swarna Subba Rao, mengaku sudah mengantongi semua izin termasuk dari Kementerian Luar Negeri.

“Jika Surveyor General Nepal datang kemari (untuk konferensi di Hyderabad), saya akan menemuinya. Tapi sejauh ini, kami berencana memberangkatkan (tim ekspedisi) dua bulan lagi,” katanya.

Pengukuran ulang ketinggian gunung secara akurat akan menggunakan kombinasi ukuran GPS dan triangulisasi. Butuh waktu sebulan, Rao menerangkan, untuk observasi serta 15 hari ekstra untuk komputasi dan deklarasi data.