Ini Alasan Sulit Memulai Olahraga [huffpost]

Ini Alasan Sulit Memulai Olahraga

PinkKorset.com, Jakarta – Malas adalah kendala utama bila Anda tidak terbiasa berolahraga. Mengapa semangat tidak muncul?

Dokter spesialis keolahragaan dr. Michael Triangto, Sp.KO mengatakan, kelebihan orang yang terbiasa berolahraga yakni memiliki semangat atau suasana hati yang senang. Hal ini disebabkan tubuh mengeluarkan morfin alami tubuh yang memicu bahagia.

“Olahraga merangsang tubuh mengeluarkan hormon bahagia, endorfin yang berfungsi seperti morfin,” ucapnya usai media briefing Kementerian Kesehatan RI bertajuk Rutin Aktivitas Fisik, Keluarga Terhindar Penyakit Tidak Menular di Jakarta, Selasa (13/6/2017).

Tidak mengherankan bila Anda tidak terbiasa berolahraga kurang produksi endorfin yang memicu Anda semangat memulai aktivitas. Anda bisa mengusir malas dengan mencoba berolahraga ringan terlebih dahulu, seperti berjalan kali atau senam di dalam rumah.

“Anda harus punya niat dan tujuan berolahraga,” sambungnya.

Sementara itu, olahraga maupun aktivitas fisik dapat menghindari risiko dan penyakit tidak menular (PTM) seperti hipertensi, obesitas, stroke, diabetes melitus, penyakit jantung koroner dan gagal ginjal kronis.

Rutin beraktivitas fisik memiliki banyak manfaat, antara lain mencegah penyakit, meningkatkan stamina, menguatkan dan menyehatkan, meningkatkan feksibilitas, mengendalikan berat badan dan meningkatkan kualitas hidup.

“Untuk hasil maksimal, aktivitas fisik harus baik, benar, terukur dan teratur,” pungkasnya.