Kecemasan Tanda Penyakit Serius [stylemagazine]

Kecemasan Tanda Penyakit Serius

PinkKorset.com – Perasaan cemas tidak selalu terkat masalah psikologis tetapi mengindikasikan adanya penyakit berbahaya.

Setiap masalah tentu menimbulkan tekanan dan menyebabkan khawatir berlebihan. Namun, bila Anda mengalami kecemasan terus menerus tanpa penyebab yang jelas dapat menjadi tanda adanya penyakit serius. Setidaknya ada 50 penyakit yang ditandai dengan kecemasan dan diantaranya sebagai berikut.

Tiroid terlalu aktif

Kondisi kelenjar tiroid terlalu aktif (hipertiroidisme) menyebabkan jumlah hormon tiroid berlebihan. Kondisi ini meningkatkan metabolisme Anda sehingga denyut jantung lebih cepat, berat badan menurun dan gelisah

Penyakit jantung

Kecemasan yang disertai sesak napas tak terduga dan kelelahan yang berlebihan dapat menjadi tanda penyakit jantung. Sebuat studi menemukan adanya hubungan kecemasan dan masalah jantung. Sebanyak 35% responden perempuan yang mengalami serangan jantung sebulan sebelumnya merasa lebih cemas dan stres.

Anemia

Kekurangan sel darah merah (anemia) menyebabkan pasokan oksigen ke seluruh sel-sel tubuh berkurang. Hal ini menimbulkan gejala sesak napas, detak jantung kencang dan tidak teratur. Denyut jantung yang cepat menimbulkan perasaan cemas. Perempuan yang mengalami menstruasi, hamil dan pasien dengan rheumatoid artritis, penyakiit ginjal, kanker, hati, tiroid, radang usus dan masalah autoimun lain lebih mudah terkena anemia.

Malnutrisi

Kekurangan zat gizi tertentu menimbulkan rasa cemas dan depresi. Misalnya saja kurang asupan mineral seng. Mineral ini tidak diproduksi tubuh, Anda perlu mengonsumsi makanan dengan protein hewani seperti daging, telur, ayam, ikan dan hati. Kebutuhan seng harian pada perempuan dewasa sebesar 8 mg dan laki-laki 11 mg.

Kanker pankreas

Hati-hati, kecemasan juga tanda adanya kanker pankreas. Penelitian menemukan setengah pasien yang didiagnosis kanker pankreas mengalami depresi dan kecemasan. American Cancer Society  menemukan rata-rata risiko laki-laki dan perempuan mengalami kanker pankreas adalah satu dari 65 orang. Kendati tergolong langka, tetapi kanker ini sulit terdeteksi sejak dini.