Kopi Turunkan Risiko Penyakit Liver

PinkKorset.com – Sebuah studi menemukan, minum dua cangkir kopi per hari menurunkan risiko kanker hati hingga sepertiganya.

Pakar dari University of Southampton dan University of Edinburgh meneliti data dari 26 studi yang melibatkan lebih dari 2,25 juta partisipan. Riset menemukan, orang yang minum kopi berkurang risiko mengembangkan hepatocellular cancer (HCC), jenis kanker hati yang paling sering ditemukan.

Bahkan menurut riset mereka, kopi dekafein (decaffeinated/decaf) juga memiliki efek melindungi, meski tak sebesar kopi biasa yang mengandung kafein. Satu cangkir per hari menurunkan risiko HCC hingga 20%, dua cangkir sehari 35%, dan lima cangkir hingga 50%.

“Hobi minum kopi mungkin penting dalam gaya hidup sebagai intervensi terhadap penyakit hati kronis (CLD). Apalagi, kopi decaf lebih diterima oleh mereka yang kurang suka kopi atau membatasi konsumsinya karena gejala terkait kafein,” demikian para periset dalam studi yang dipublikasikan jurnal BMJ Open ini.

Penulis utama riset ini, Dr. Oliver Kennedy dari University of Southampton berkata, kopi diyakini memiliki sejumlah keuntungan bagi kesehatan. Temuan dalam riset ini, katanya, mengindikasikan kopi punya efek signifikan terhadap risiko kanker hati. Namun begitu, mereka tak menyarankan setiap orang minum lima gelas kopi per hari.

“Masih butuh penelitian lebih lanjut mengenai bahaya konsumsi kafein berlebih. Sudah ada bukti kelompok tertentu, seperti perempuan hamil, sebaiknya menghindari kafein,” katanya.

Tetap saja, riset ini merupakan perkembangan penting di tengah meningkatnya risiko HCC secara global dan prognosisnya yang masih lemah.