Manfaat Sehat Santap Makanan Rumahan [psuedu]

Manfaat Sehat Santap Makanan Rumahan

PinkKorset.com, Jakarta – Ternyata kebiasaan menyantap makanan di rumah lebih menyehatkan ketimbang makan di luar rumah.

Peneliti dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, Julia A. Wolfson, MPP menganalisa data survei National Health and Nutrition Examination menemukan, orang yang sering memasak di rumah mengonsumsi lebih sedikit karbohidrat, gula dan lemak ketimbang orang yang jarang atau tidak sama sekali masak di rumah.

Temuan ini menunjukkan, mereka yang sering memasak di rumah dalam sepekan mengonsumsi lebih sedikit kalori saat makan.

Data ini dihasilkan dari National Health and Nutrition Examination (2007-2010) yang melibatkan lebih dari 9.000 responden berusia di atas 20 tahun. Survei ini menanyakan tentang makanan yang dikonsumsi selama 24 jam hingga perilaku makan makanan cepat saji dalam 30 hari terakhir.

Para peneliti menemukan, 8% responden memasak makanan malam sekali atau kurang dari sepekan ini mengonsumsi rata-rata 2.301 kalori total, 84 gram lemak dan 135 gram gula. Sementara 48% responden memasak makan malam selama 6-7 pekan mengonsumsi 2.196 kalori, 81 gram lemak dan 119 gram gula.

Artinya memasak dan mengonsumsi makanan di rumah menghindari risiko obesitas. Kelebihan berat badan berlebih ini berpotensi menimbulkan masalah kesehatan seperti diabetes mellitus, hipertensi dan penyakit jantung.

Selaras dengan hal ini Philips Indonesia mengusung kampanye #ThePowerOfHomemadeFood dengan mengadakan roadshow di mall, cooking demo di toko maupun kegiatan digital melalui media sosial.

Head of Personal Health Philips Indonesia Yongky Sentosa menjelaskan, tingkat kesadaran masyarakat tentang pentingnya menaga gaya hidup sehat semakin meningkat. Namun secara umum masih terbatas tahap kuratif yakni tergerak hidup sehat setelah ada anggota keluarga yang sakit.

Manfaat Sehat Santap Makanan Rumahan

“Melalui berbagai produk dan kegiatan, Philips ingin meningkatkan kesadaran masyarakat untuk masuk tahap preventif,” ucapnya saat talkshow Philips bertajuk The Power of Homemade Food di Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Beberapa produk Philips yang mendukung pola makan sehat antara lain, Airfryer HD9623, Bread Maker HD9045, Noodle and Pasta Maker HR2332 dan Mascinating Slow Juicer HR1889. Keempat produk ini memudahkan para ibu, keluarga dan setiap orang memulai masak makanan sehat dengan memperhatikan kandungan bahan makanan yang digunakan.

“Pola hidup sehat berawal dari rumah adalah investasi setiap orang menjalani masa tuanya. Ini adalah komitmen Philips menyentuh kehidupan 3 miliar setiap tahunnya pada 2025,” imbuhnya.