Mengapa Balita Rewel Saat Makan? [netdoctor]

Mengapa Balita Rewel Saat Makan?

PinkKorset.com – Anak Anda sering menolak dalam urusan makan bukan berarti sulit diatur. Bisa jadi ini tanda kemandirian anak.

Sebuah penelitian menemukan 46% ibu berpikir balita rewel ketika makan. Sementara rewel tidak selalu dikaitkan dengan hal negatif. selaras dengan hal ini, psikolog klinis dari University of Southampton Dr. Angharad Rudkin mengatakan, balita rewel saat makan itu kemungkinan menunjukkan kemandiriannya.

Menurutnya, masa balita adalah waktu anak-anak mulai mengambil alih suatu pekerjaan dan menunjukkan pendapat mereka. Ada beberapa tanda balita Anda sedang menunjukkan sisi kemandiriannya.

Balita akan mengatakan ‘tidak’. Kata ini paling cepat mereka pelajari berdasarkan pengamatan vokal orang-orang dewasa. Kemudian, balita berbicara melalui bahasa tubuhnya. Mereka memutar kepala dan menjauh ketika tidak setuju dengan makanan tertentu.

Anda tidak perlu pusing ketika menghadapi situasi tersebut. Tetapi asah kemandirian anak dengan beberapa perlakuan ini.

Balita mengatakan ‘tidak’ ada dua arti yakni lelah atau lapar. Anda perlu berkomunikasi dengan anak dengan menanyakan apa yang mereka amakan. Cara ini untuk mengembangkan bahasa dan membentuk pendapat mereka.

Kemudian ajarkan anak kompromi dengan memberikan dua pilihan. Misalkan Anda memberi pilihan menu makan bayam atau wortel, ikan atau ayam dan nasi atau kentang. Anda juga perlu mengendalikan porsi makan anak dengan bertanya berapa banyak makanan yang bisa dimakan dalam satu suap.