Mengapa Tidur Malam Penting? [geek]

Mengapa Tidur Malam Penting?

PinkKorset.com – Seperti diet dan olahraga yang menyehatkan tubuh. Tidur malam juga memiliki peran yang sama.

Sebuah penelitian University of Washington Medicine Sleep Center di Seattle menunjukkan kekurangan tidur malam memudahkan seseorang terpapar rhinovirus penyebab flu.

Penelitian ini melibatkan 11 pasangan kembar dari Washington State Twin Registry berusia rata-rata 43 tahun, 80% perempuan dengan rutinitas tidur yang berbeda.

Mereka mendapat perlakuan berbeda. Rutinitas tidur pasangan dipantau melalui jumlah waktu tidak tidur selama lebih dari dua pekan. Rata-rata pasangan memiliki sedikit waktu tidur malam lebih dari tujuh jam. Salah satu responden kembar dari tiap pasangan memiliki waktur tidur 64 menit per hari lebih sedikit ketimbang pasangannya.

Setelah sampel darah mereka dianalisis terungkap responden yang memiliki waktu tidur lebih sedikit memiliki respon imun yang lemah. Hal ini dikuru melalui aktivitas sel darah putih.

Para peneliti menemukan responden yang memiliki rutinitas waktu tidur kurang menurunkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga mereka lebih rentan flu. Hingga saat ini mereka tidak mengetahui alasan pasti tidur malam memengaruhi kesehatan dan fungsi kekebalan tubuh.