Rahasia Menikmati Kopi Nikmat [neotantra]

Rahasia Menikmati Kopi Nikmat

PinkKorset.com, Jakarta – Jenis kopi dan waktu menikmati kopi memengaruhi kenikmatan dan manfaat terhadap tubuh.

Menikmati kopi yang tepat tidak dilakukan setiap saat atau ketika ingin minum saja. Anda perlu mengetahui jenis kopi dan waktu yang pas agar bermanfaaat bagi tubuh.

Pendiri Diskus Ruang Kopi, Argo Konco Baskoro mengatakan, menyeruput kopi dimulai sejak pagi dengan kopi tubruk Robusta.

“Robusta mengandung kafein tinggi untuk membantu metabolisme tubuh (booster),” katanya di Jakarta belum lama ini.

Anda dapat menambah atau tanpa gula ke dalam kopi. Menambah gula berarti meningkatkan energi. Kafein dalam secangkir kopi meningkatkan 15% metabolisme tubuh dan membakar 15-25 kalori.

Sementara siang hari tetap memerlukan Robusta untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Hanya saja Anda tak harus menyeruput kopi panas. Kopi dingin robusta bisa menjadi pilihan ideal saat cuaca terik.

Kemudian sore hari saatnya menyeruput kopi Arabika dengan penyeduhan manual (manual brew). Sehingga rasanya tidak terlalu asam. Kafein kopi Arabika lebih rendah ketimbang Robusta dan lebih baik dikonsumsi sore menjelang malam agar tubuh santai (tidak meningkatkan metabolisme berlebih).

“Sebaiknya malam hari tidak meminum kopi dengan gula agar tidak menambah energi dan menyulitkan Anda tertidur,” pungkasnya.

Anda juga perlu memerhatikan batasan maksimal kafein harian. Academy of Nutrition and Dietetics memberikan batasan asupan kafein harian per orang sebanyak 200-300 mikrogram kafein atau 2-3 cangkir kopi.