Inikah Revolusi Terapi Injeksi Diabetes Tipe 1? [ponila]

Inikah Revolusi Terapi Injeksi Diabetes Tipe 1?

PinkKorset.com – Hadirnya teknologi ini akan menghapus rutinitas harian pasien diabetes tipe 1 seperti memantau gula darah dan menyuntik insulin.

Sebagian besar pasien diabetes tipe 1 adalah anak-anak. Kualitas hidup mereka terpasung karena terjerat rutinitas memantau kadar gula darah dan menyuntik insulin sendiri.

Kondisi tersebut banyak memakan waktu mereka. Sehingga tidak bebas mengikuti pesta, sulit tidur pulas dan tidak bisa menginap tanpa orangtua untuk memantau kondisinya.

Kini para ilmuwan University of Birmingham berusaha mencari solusi dari masalah tersebut dengan mengembangkan ‘kapsul pintar’. Kapsul berukuran sangat kecil ini beredar dalam tubuh, dapat mendeteksi peningkatan kadar gula darah dan otomatis melepas insulin.

Nantinya para pasien dapat menyuntik ‘kapsul pintar’ untuk melakukan tugasnya selama sepekan. Sehingga anak-anak tidak perlu repot memantau kadar gula darah dan menyuntik insulin sendiri. Mereka juga bebas menjalankan runitinas seperti anak-anak sehat.

Para ilmuwan yakin ‘kapsul pintar’ dapat diuji coba pada hewan dalam lima tahun mendatang dan pada manusia setelahnya.

Sebelumnya para peneliti dari Harvard University dan Massachusetts Institute of Technology (MIT) berhasil menonaktifkan diabetes tipe 1 pada tikus selama beberapa bulan dan kemungkinan dapat diaplikasikan pada manusia selama beberapa tahun.

Sementara itu, para peneliti University of North Carolina mengembangkan ‘koyo pintar’ yang dapat memantau kadar glukosa darah dan mengirim insulin secara otomatis melalui ratusan jarum mikro. Kendati temuan ini baru sebatas uji coba pada tikus, namun bukan tidak mungkin dapat diaplikasikan pada manusia.