Pemanis Alami untuk Pasien Diabetes [mondieu]

Pemanis Alami untuk Pasien Diabetes

PinkKorset.com, Jakarta – Tahukah Anda ada alternatif pemanis alami tanpa kalori yang bisa dikonsumsi pasien diabetes?

Seperti diketahui, pasien diabetes tidak bisa leluasa mengonsumsi makanan, terutama yang mengandung gula. Salah asupan, kadar gula darah bisa meningkat.

Dokter spesialis penyakit dalam RS Siloam Asri dr. Mulyani Anny Suryani Gultom, SpPD mengatakan, ketidakmampuan pasien diabetes melakukan metabolisme gula dengan baik, dapat menyebabkan terganggunya fungsi organ tubuh lain dan berujung komplikasi.

Ini menjelaskan munculnya tanda-tanda kelelahan, pusing, kerusakan saraf, penyakit jantung, hingga mengalami kebutaan bahkan kesadaran menurun.

“Sayangnya, banyak orang tidak menyadari asupan gula harian terlalu banyak,” katanya di Jakarta, Kamis (9/2/2017).

Menurutnya, batasan konsumsi gula per hari adalah 50 gram atau empat sendok makan gula pasir, termasuk gula alami (buah, sayur, susu).

Bila Anda pecinta sajian manis, mulai ganti pemakaian gula Anda dengan pemanis rendah kalori yang telah disetujui WHO dan aman dikonsumsi, antara lain sukralosa, aspartame, acesulfame-K dan stevia.

Apa itu stevia?

Stevia (Stevia Rebaudiana) adalah jenis tanaman yang telah dikonsumsi suku Guarani asli, Paraguay sejak ratusan tahun lalu.

Tanaman  ini telah diteliti dan memberikan banyak manfaat. Kandungan phyto-chemical stevia membantu mengendalikan kadar gula darah, kolesterol dan tekanan darah.

Hampir seluruh bagian tanaman stevia bercitarasa manis. Rasa manis ini diperoleh dari kandungan senyawa glikosida seperti stevioside, steviolbioside, rebaudiosides A-E dan dulcoside. Glikosida ini banyak terkandung pada daun stevia berwarna hijau tua.

Jika daun stevia dikeringkan, dapat menjadi pemanis lebih manis 40 kali daripada gula. Bahkan bila beberapa senyawa tersebut diekstrak, dapat memberikan rasa manis ratusan kali lipat dibandingkan gula dan tanpa kalori sama sekali.

Misalnya saja rebaudioside-A memiliki kadar manis 300 kali daripada gula dan senyawa glikosida non-karbohidrat (stevioside) memberikan rasa manis tanpa kalori.

Kelebihan stevia ini menjadikan alternatif pilihan pemanis alami tanpa kalori untuk pasien diabetes.

Salah satu produk pemanis yang menggunakan ekstrak daun stevia adalah Tropicana Slim Stevia.

“Pemanis nol kalori ini dapat digunakan untuk minuman maupun kue karena tahan suhu tinggi,” ucap Brand Manager Nutrifood, Noviana Halim.