Cara Tepat Gunakan Wadah Plastik Makanan [PinkKorset[

Cara Tepat Gunakan Wadah Plastik Makanan

PinkKorset.com, Jakarta – Seringkali wadah plastik makanan mudah rusak kendati umur produk masih panjang. Bisa jadi Anda salah menggunakannya.

Awet tidaknya wadah plastik Anda tergantung penggunaannya. Tidak jarang membeli wadah plastik karena warna dan bentuknya menarik. Tetapi digunakan sembarang tanpa melihat kode plastik. Alhasil botol atau wadah plastik Anda berbau, mudah pecah dan bahkan mengancam kesehatan Anda.

Pilihlah kode plastik yang aman kontak langsung dengan makanan dan minuman. Kode ini tertulis singkatan jenis plastik dan angka di dalam segitiga.

Umumnya wadah maupun botol plastik yang aman digunakan berulang kali ditandai dengan kode PP (05). Jenis plastik polipropilene (PP) ini sering digunakan untuk kontainer makanan, wadah bekal makanan, botol minum dan botol susu bayi.

“Sifat plastik ini keras tetapi fleksibel, kuat, permukaan berlilin, tidak jernih tapi tembus cahaya, tahan bahan kimia, panas dan minyak serta melunak pada suhu 140 derajat Celsius,” ucap Direktur Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia, DR. Emil Budianto saat seminar Technoplast di Jakarta, Senin (26/3/2018).

Cara Tepat Gunakan Wadah Plastik Makanan

Ada pula jenis plastik lain yang aman untuk makanan, seperti Low Density Polyethylene atau LDPE (04) dan golongan plastik jenis lain-lain atau O (07). Kode plastik (07) biasanya terdiri atas syrene acrylonitrile (SAN), acrylonitrile butadiene styrene (ABS) dan polycarbonate (PC).

Penggunaan SAN dan ABS ideal untuk wadah makanan dan minuman karena tahan terhadap suhu dan senyawa kimia. Sedangkan PC hanya untuk mewadahi makanan dan minuman dingin. Plastik PC mengeluarkan bisphenol A atau BPA (merusak sistem hormon, kromosom, ovarium, penurunan produksi sperma dan imunitas) bila terkena panas.

Cara Tepat Gunakan Wadah Plastik Makanan

Selain kode plastik, ada pula kode gambar petunjuk pemakaian dan perawatan.

“Tetapi seringkali konsumen keliru mengartikan kode gambar,” kata Vice Chief Production Officer Technoplast Hartadi Alamsyah.

Kesalahpahaman ini antara lain kode Hot Water Safe (bukan direbus tetapi dituang air panas), Microwave Safe (hanya untuk memanaskan bukan memasak), Freezer Safe (tidak semua jenis plastik PP kuat) dan Heavy Metal Free (berpengaruh terhadap warna).

Anda perlu mengetahui kode dan mematuhi petunjuk wadah plastik agar koleksi botol dan wadah plastik Anda awet.