Pentingnya Kebersihan Anak Sejak Seribu Hari Pertama [reset]

Pentingnya Kebersihan Anak Sejak Seribu Hari Pertama

PinkKorset.com, Jakarta – Perlindungan menyeluruh dibutuhkan pada masa seribu hari pertama, termasuk aspek kebersihan.

Dokter Spesialis Anak Brawijaya Women and Children Hospital dr. Natia Anjasari, Sp.A menjelaskan, tak hanya nutrisi dan stimulasi, kebersihan juga penting dalam seribu hari pertama (golden moment). Pada fase ini terjadi pertumbuhan otak yang sangat pesat, pematangan saluran cerna dan pembentukan kognitif.

“Kebersihan yang kurang terpelihara, membuat bayi rentan mengalami diare dan infeksi saluran napas atas (ISPA),” katanya dalam acara Sleek Baby #1000HariPerlindungan di Jakarta, Senin (23/7/2018).

Bayi paling sering mengalami kedua penyakit tersebut. Asupan nutrisi pada bayi terbuang percuma karena hanya digunakan tubuh untuk penyembuhan. Alhasil tumbuh kembang bayi tersendat dan berisiko terjadi kekerdilan (stunting).

Aspek kebersihan dapat dimulai dari orangtua dengan membiasakan diri mencuci tangan. Misalnya mencuci tangan sebelum menyentuh bayi, setelah membersihkan bayi, sebelum dan setelah memberi makan bayi serta usai memasak.

Menjaga kebersihan bayi tidak perlu melarang anak memasukkan tangannya ke mulut. Ini adalah fase belajar normal yang menjadi bagian tahapan tumbuh kembangnya. Namun, pastikan tangan anak selalu bersih.

Namun, dr. Natia menyayangkan anak sakit karena hal sepele seperti orangtua lupa mencuci tangan, anak memasukkan dot atau mainan yang sudah jatuh ke dalam mulutnya tanpa dibersihkan.

“Anak sudah dapat ASI dan MPASI bagus, tapi sakit-sakitan karena kebersihannya kurang,” keluhnya.

Selain itu, perhatikan pula kondisi popok. Jangan biarkan bayi memakai popok terlalu lama atau menunggu penuh (air seni maupun feses) karena picu diaper rash.

Sementara itu, untuk menjaga kebersihan dapat menggunakan produk khusus bayi. Misalnya saja Sleek Baby yang terdiri atas Bottle, Nipple, and Accessories Cleanser, Baby Laundry Detergent, Antibacterial 2 in 1 Hair and Body Soap, Baby Diaper Clear, dan Foamy Hand Wash.

“Sleek Baby juga mengutamakan ketenangan dan kenyamanan hati para ibu dengan meluncurkan kampanye Perlindungan Hari Pertama,” pungkas Brand Manager Sleek Lidwina Natalia.